alexametrics

Dua titik jalan di Sukabumi ambles

loading...
Dua titik jalan di Sukabumi ambles
Ilustrasi. (foto: farid/koransindo)
A+ A-
Sindonews.com - Hujan yang deras yang menguyur kawasan Sukabumi membuat tanah menjadi labil. Pergeseran tanah di lintasan utama di Sukabumi Selatan membuat dua titik jalan ambles.

Berdasarkan pantauan, jalan raya yang mengalami ambles terjadi di dua titik di Kecamatan Nyalindung, yakni jalan raya di Kampung Cibodas, Desa Cijangkar. Pada lintasan itu, ruas jalan mengalami ambles hingga sepanjang kurang lebih 75 meter dengan kelebaran 2,4 meter sedalam 50 cm.

Begitu juga di jalan raya Cikawung, tepatnya di persimpangan menuju wilayah perkotaan Kecamatan Nyalindung. Lapisan aspal di lintasan tersebut nyaris terbelah dua karena mengalami ambles sepanjang kurang lebih 30 meter dengan lebar dua meter sedalam sekitar satu meter.
Kondisi di kedua lintasan ini mengakibatkan arus lalu lintas tersendat karena hanya bisa digunakan satu jalur.

Budi Dangton, salah seorang warga Kecamatan Nyalindung, mengatakan wilayahnya ini kerap dilanda pergerakan tanah sehingga lintasan yang menghubungkan Sukabumi Kota-Sagaranten tersebut kerap mengalami kerusakan.

Petugas Balai Pengelolaan Jalan (BPBJ) Wilayah Pelayanan II Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Endang Jaya menjelaskan penanggulangan atas kerusakan jalan di dua titik lintasan sudah dilakukan dengan melapis dataran jalan yang ambles menggunakan material batu.



Disamping itu untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan lebih lanjut, Bina Marga segera membangun tanggul di sepanjang tepian jalan.

"Tanggul ini akan berfungsi untuk menahan longsoran," katanya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak