Para Ilmuwan Internasional Sebut Ada Risiko Tsunami Dekat Ibu Kota Baru Indonesia

Jum'at, 24 April 2020 - 11:00 WIB
loading...
Para Ilmuwan Internasional Sebut Ada Risiko Tsunami Dekat Ibu Kota Baru Indonesia
Pemetaan risiko tsunami di Selat Makassar, Indonesia. Foto/RE Brackenridge et al/BBC
A A A
JAKARTA - Adanya risiko tsunami di wilayah yang dekat dengan ibu kota baru Indonesia, disampaikan para ilmuwan internasional. Tetapi tim peneliti internasional memperingatkan agar tidak bereaksi berlebihan.

Para peneliti memetakan bukti beberapa tanah longsor purba bawah laut di Selat Makassar antara pulau Kalimantan dan Sulawesi. Jika hal itu terulang saat ini, itu akan menghasilkan tsunami yang mampu menggenangi Teluk Balikpapan, daerah yang dekat dengan ibu kota baru yang dipilih pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menilai situasi dengan tepat. Yang disampaikan, ini adalah sesuatu yang mungkin harus dimiliki oleh pemerintah Indonesia pada daftar risiko di suatu tempat—bahkan jika kita hanya berbicara tentang peristiwa 'frekuensi rendah, dampak tinggi'," kata Dr Uisdean Nicholson dari Heriot-Watt University, Inggris.

Tim peneliti Inggris-Indonesia-nya menggunakan data seismik untuk menyelidiki sedimen dan strukturnya di dasar laut Makassar. Survei tersebut mengungkapkan 19 zona berbeda di sepanjang selat tempat lumpur, pasir, dan lanau jatuh ke lereng yang lebih dalam.

Beberapa slide yang dirilis memaparkan ratusan kilometer kubik material—volume yang lebih dari kolom air mengganggu, dan menghasilkan gelombang besar di permukaan laut. "Tanah longsor ini—atau mass transport deposits (MTD) seperti yang kita sebut—cukup mudah dikenali dalam data seismik," kata Dr Rachel Brackenridge dari Aberdeen University, penulis utama laporan yang menggambarkan penelitian tersebut kepada BBC, Kamis (23/4/2020).

Semua MTD berada di sisi barat saluran (3.000 m) yang dalam, yang melintasi Selat Makassar. Itu juga sebagian besar berada di sebelah selatan delta outlet untuk Sungai Mahakam di pulau Kalimantan, yang mengeluarkan jutaan meter kubik sedimen setiap tahun.

Tim peneliti berpikir material ini diambil oleh arus di selat dan kemudian dibuang di tempat yang lebih dangkal dari dasar laut jatuh jauh ke kedalaman. Tumpukan sedimen curam yang dipahat dari waktu ke waktu akhirnya runtuh ke lereng, yang mungkin dipicu oleh guncangan gempa bumi setempat.

Tim juga berencana untuk mengunjungi daerah pesisir Kalimantan untuk mencari bukti fisik dari tsunami purba dan untuk memodelkan jenis gelombang yang bisa mengenai garis pantai. (Baca juga; Malaysia Khawatir Kehadiran Kapal Perang Bisa Tingkatkan Ketegangan di LCS )

Ben Sapiie, dari Institut Teknologi Bandung mengatakan; "Penelitian ini memperkaya pengetahuan masyarakat geologi dan geofisika Indonesia tentang bahaya sedimentasi dan tanah longsor di Selat Makassar. Masa depan penelitian ilmu bumi menggunakan pendekatan terintegrasi, pendekatan multi-ilmiah dengan kolaborator internasional."

Profesor Dan Parsons, direktur Energy and Environment Institute di Hull University bersama kelompoknya yang mempelajari submarine landslides di seluruh dunia ikut mengomentari penelitian tersebut. "Yang menarik di sini adalah bagaimana sedimen ini sedang bekerja kembali dan menumpuk dari waktu ke waktu di Selat Makassar oleh arus laut," katanya kepada BBC.

Indonesia mengalami dua peristiwa tsunami yang disebabkan oleh tanah longsor bawah laut pada tahun 2018, yakni ketika sisi gunung berapi Anak Krakatau runtuh dan gempa memicu retakan lereng di Teluk Palu, Sulawesi.

Jadi kewaspadaan tumbuh bahwa tsunami dapat datang dari sumber selain gempa megathrust dasar laut seperti yang terjadi di Sumatra pada tahun 2004 yang mendatangkan malapetaka di sekitar Samudra Hindia. (Baca juga; PKS Ajak Masyarakat Jadikan Ramadhan Ajang Berbagi kepada Sesama )

Presiden Joko Widodo mengumumkan tahun lalu bahwa Indonesia akan memindahkan ibu kotanya dari Jakarta ke Kalimantan.Pusat administrasi baru akan dibangun di dua kabupaten—Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara—di provinsi Kalimantan Timur, dekat dengan kota Balikpapan dan Samarinda.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2751 seconds (0.1#10.140)