Pertamina Bekali Warga Kemampuan Tanggap Darurat Bencana Kebakaran

Selasa, 08 Maret 2022 - 17:39 WIB
loading...
Pertamina Bekali Warga Kemampuan Tanggap Darurat Bencana Kebakaran
PT Pertamina Regional Sulawesi menggelar Pelatihan dan Simulasi Bencana Kebakaran di Kelurahan Pattingalloang, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Selasa (8/3/2022). Foto: SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi menggelar Pelatihan dan Simulasi Bencana Kebakaran di Kelurahan Pattingalloang, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Selasa (8/3/2022).

Kegiatan tersebut digelar rutin setiap tahun sejak 2017 lalu. Tujuannya mengasah kemampuan kader Safetyman dalam menanggulangi bencana kebakaran. Safetyman merupakan warga yang telah diberikan edukasi terkait bencana kebakaran, mulai dari aspek safety, pencegahan hingga penanganannya.

Baca Juga: Pertamina
"Warga dari kelurahan setiap tahun secara periodik terus diasah ingatannya. Fungsinya sebagai personel yang siaga jika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat bencana kebakaran. Mereka personel yang siaga menerapkan prosedur dan tata kelola koordinasi untuk penanganan kegiatan darurat," jelas Taufiq.



Ketua Safetyman Kelurahan Pattingalloang, Haris Hafid mengaku, sejak menjadi anggota Safetyman pada tahun 2017 lalu, telah banyak potensi bencana kebakaran yang berhasil ditangani. Terlebih, Kecamatan Ujung Tanah merupakan wilayah padat penduduk sehingga risiko terjadinya kebakaran lebih besar.

"Manfaat banyak sekali dari Pelatihan dan Simulasi. Sejak 2017, sudah banyak kita dapati di masyarakat, kita lakukan pemadaman sedini mungkin. Sudah beberapa kali terjadi mengingat di lorong ini padat penduduk," pungkas Haris.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3908 seconds (0.1#10.140)