Tumbuhkan Kembali Semangat Gotong Royong untuk Bangun Daerah

Rabu, 02 Maret 2022 - 13:43 WIB
loading...
Tumbuhkan Kembali Semangat Gotong Royong untuk Bangun Daerah
Masyarakat di Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba, melakukan kerja bakti memperbaiki infrastruktur jalan yang mengalami kerusakan. Foto: SINDOnews/Eky Hendrawan
A A A
BULUKUMBA - Pemerintah Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba , mendorong dan mengajak warganya ntuk mengembalikan semangat gotong royong dan berpartisipasi membangun daerah. Termasuk selalu responsif terhadap setiap masalah yang munculnya di wilayahnya.

Sekcam Herlang, Andi Fidya Samad, mengungkapkan jika ada permasalahan di wilayah Kecamatan Herlang, lebih baik mengedepankan koordinasi dengan pihak-pihak terkait guna mencari solusi atas permasalahan tersebut.



"Kesuksesan pemerintah itu harus dibangun dengan kebersamaan, dan dilandasi oleh keikhlasan untuk membangun daerah dengan dukungan semua pihak," kata Fidyah.

Tentu pemerintah di semua level, ia menyebut berupaya keras memikirkan kebutuhan- kebutuhan rakyat. Namun, di satu sisi sumber daya pemerintah juga terbatas sehingga tidak semua aspirasi atau kebutuhan masyarakat bisa dipenuhi dalam waktu dekat atau di tahun berjalan.

Olehnya itu, Fidya mendorong persoalan-persoalan yang belum bisa ditangani atau dianggarkan oleh pemerintah dapat diselesaikan dengan semangat gotong royong masyarakat untuk kebaikan bersama.

"Kami berharap persoalan persoalan yang belum diselesaikan dibutuhkan gerakan gotong royong , kepedulian dan rasa membangun," ungkap dia, Rabu (2/3/2022).



Ia mencontohkan semangat gotong royong itu sudah mulai dilakukan oleh warga Herlang dalam memperbaiki jalanan poros menuju Turungan Beru yang rusak parah. Warga Herlang bahkan patungan membeli pasir, kerikil dan semen yang kemudian dilanjutkan dengan kerja bakti memperbaiki jalanan tersebut pada khir pekan lalu.

"Semangat gotong royong ini patut dicontoh dan terus ditumbuhkan. Inilah yang dimaksud dengan nilai kearifan lokal," sebut dia.

Dikatakan gotong royong harus kembali dimulai dari sekarang seperti kerja bakti, baik di lingkungan rumah tangga maupun pembenahan fasilitas umum.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4095 seconds (0.1#10.140)