Ribuan Rumah di Medan Terendam Banjir, BWS Diminta Normalisasi Sungai Deli

Senin, 28 Februari 2022 - 18:09 WIB
loading...
Ribuan Rumah di Medan Terendam Banjir, BWS Diminta Normalisasi Sungai Deli
Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution saat mengunjungi korban banjir, bahkan wali kota sempat berbincang dengan warga di tengah genangan banjir. Foto: iNewsTV/Yudha Bahar
A A A
MEDAN - Ribuan rumah yang terendam banjir di Kecamatan Medan Labuhan akibat luapan Sungai Deli hingga membuat ribuan warga mengungsi langsung direspons Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution.

Bobby pun meminta Balai Wilayah Sungai (BWS) segera melakukan normalisasi sungai-sungai yang melintas di Kota Medan.

Bobby menyebut, luapan Sungai Deli diakibatkan kondisi sungai yang mengalami pendangkalan akibat sudah bertahun-tahun tidak dilakukan pengorekan.



Karena itu kata dia, normalisasi sungai ini sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir di Kota Medan yang diakibatkan oleh luapan air sungai yang tidak mampu menampung debit air.



"Di banyak kesempatan dalam rapat bersama BWS Sumatera II, saya telah meminta agar segera melakukan normalisasi sungai-sungai yang melintasi Kota Medan, sebab normalisasi sungai merupakan kewenangan dari BWS Sumatera II yang artinya, hanya BWS Sumatera II yang diizinkan untuk melakukan normalisasi," kata Bobby, Senin (28/2/2022).

Saat ini, ada 14 lingkungan (RW) di tiga kelurahan yang terendam banjir akibat luapan Sungai Deli. Yakni Kelurahan Besar, Kelurahan Martubung dan Kelurahan Pekan Labuhan. Secara total ada 2.586 rumah yang terendam dan semuanya berada di sekitar aliran Sungai Deli.



Camat Medan Labuhan, Indra Utama mengatakan, akibat banjir yang semakin meluas, pihaknya sejak malam telah melakukan evakuasi terhadap warga serta mendirikan dapur umum. Mereka dibantu petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)