Angin kencang sapu belasan rumah di Ciamis

Jum'at, 07 Desember 2012 - 01:00 WIB
Angin kencang sapu belasan rumah di Ciamis
Angin kencang sapu belasan rumah di Ciamis
A A A
Sindonews.com - Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan belasan rumah di Dusun/Desa Sukajaya RT12/04, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis rusak. Dua rumah diantaranya rusak berat, sementara belasan lainnya rusak sedang dan ringan.

Dua rumah rusak berat akibat tertimpa pohon tumbang, yaitu milik Agus (28), dan Enah (37). Keduanya mengalami kerusakan di bagian atap rumah. Peristiwa itu terjadi, saat hujan deras menguyur kawasan Ciamis dan sekitarnya, tiba-tiba angin kencang bertiup di atas permukiman di Dusun Sukajaya. Akibatnya, ratusan genting rumah milik belasan rumah warga beterbangan.

“Hujan turun sangat besar, tiba-tiba angin kencang bertiup dari arah Selatan ke Utara menyapu kawasan pemukiman kami. Saat angin kencang, kami tidak melihat secara pasti apakah angin berputar atau hanya menyapu satu arah. Yang pasti arah angin berasal dari selatan menuju utara,” kata Agus, di samping rumahnya yang rusak, Kamis 6 Desember 2012.

Agus menambahkan, akibat tiupan angin kencang ada dua rumah yang rusak berat, yaitu rumah miliknya dan tetangganya. Rumah Agus, rusak akibat tertimpa pohon albasia pada bagian atap rumah. Sedangkan rumah Enah, tertimpa pohon petai.

“Saat angin bertipu kencang, kami sudah mencurigai bakal ada kejadian aneh,” terang Agus.

Ternyata, lanjut Agus, benar saja, beberapa saat setelah dirinya berpikir negatif, tiba-tiba atap rumahnya ambruk, akibat tertimpa pohon tumbang.

“Beruntung atap rumah ambruk tidak sekaligus, sehingga kami sekeluarga masih bisa menyelamatkan diri ke ruangan yang lebih aman,” terang Agus.

Menurut Agus, jumlah keseluruhan rumah rusak akibat angin kencang lebih dari 20 rumah. Tapi, kebanyakan hanya rusak ringan, kebanyakan seperti genting rumah yang beterbangan.

“Kalau yang paling parah ada dua dan yang rusak sedang ada sekitar sembilan unit,” pungkas Agus.

Sementara itu Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Alam Badan Penagulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis Cece Manuhara, membenarkan telah terjadi hujan deras disertai angin kencang yang mengakibatkan belasan rumah di daerah Rajadesa.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan camat setempat, tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut. Untuk rumah rusak ringan sementara diperbaiki masing-masing pemilik rumah, Sedangkan untuk rusak sedang dan berat dilakukan perbaikan secara swadaya oleh korban, keluarga korban dibantu aparat desa setempat,” tandas Cece.

Kepala Bagian Oprasional Polres Ciamis Kompol Sutisna telah menerima laporan bencana alam angin kencang yang merusak rumah warga. Akibat peristiwa itu, kerugian sementara ada dua unit rumah yang rusak ditaksir mencapai sekira Rp28 juta.

“Dua unit rumah rusak yaitu rumah pangung dan semi permanen,” tambahnya.

Sutisna mengingatkan, memasuki musim hujan masyarakat Kabupaten Ciamis diminta untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama mereka yang bermukim di lereng pegunungan, tanah labil dan dataran rendah.

“Ada tiga jenis bencana alam yang harus diwaspadai. Yaitu, bencana alam angin puting beliung, bencana alam longsor dan bencana alam banjir. Tiga kategori bencana itu, semua ada di Ciamis,” pungkas Sutisna.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3230 seconds (0.1#10.140)