alexametrics

Bandara Emalamo diblokir, warga bangun kandang sapi

loading...
Bandara Emalamo diblokir, warga bangun kandang sapi
Ilustrasi (istimewa)
A+ A-
Sindonews.com - Warga Sanana Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, menduduki bandara Emalamo karena uang pembebasan lahan mereka belum dibayar pemerintah. Akibat aksi ini, aktivitas penerbangan di Bandara Emalamo lumpuh total.

Tidak hanya melakukan pemblokiran jalan menuju bandara, warga juga menduduki landasan pacu bandara itu dengan mendirikan tenda darurat serta kandang sapi.

Kekesalan warga dilampiaskan juga dengan memasang barikade kayu dan menghamburkan batu serta benda-benda lainnya untuk menghadang pesawat yang akan mendarat ke bandara ini.



Aparat keamanan dan pemerintah setempat berusaha menghalau warga namun tak berhasil. Warga menolak meninggalkan bandara sampai uang ganti rugi tanah mereka dibayarkan oleh pemerintah setempat.

"Kami akan tetap bertahan di lokasi bandara sampai uang ganti rugi yang menjadi hak kami dibayarkan pemerintah setempat," ujar Marjon Umafagur warga pemilik lahan bandara, Rabu (5/12/2012).

Akibat aksi warga ini, sejumlah pesawat yang akan mendarat terpaksa batal karena landasan pacu tidak memungkinkan untuk pendaratan.

Bahkan sebuah pesawat Nusantara Buana Air yang coba mendarat dihalau warga dengan dilempari batu. Pesawat yang ditumpangi Bupati Kepulauan Sula Ahmad Hidayat dan Kasat Brimob Polda Maluku Utara Kombes Pol Muhammad Sukur akhirnya hanya berputar-putar di atas bandara dan kembali terbang.

Pendudukan Bandara Elamamo bukan pertama kali terjadi. Pemblokiran tersebut tercatat sebanyak 32 kali hingga genap satu tahun bandara tersebut tak bisa digunakan lagi.

Berbagai pertemuan dan upaya mediasi dilakukan namun selalu tak membuahkan hasil. Karena Bupati Kepulauan Sula Ahmad Hidayat Mus jarang berada di wilayahnya.

Bandara Emalamo biasanya digunakan untuk penerbangan perintis dengan rute Babullah-Emalamo dan Emalamo-Pattimura Ambon. Khusus untuk penerbangan Babullah-Emalamo sebanyak tiga kali dalam sepekan di antaranya oleh Trigana Air.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak