Kasus kekerasan terhadap perempuan meningkat

Rabu, 05 Desember 2012 - 07:37 WIB
Kasus kekerasan terhadap perempuan meningkat
Kasus kekerasan terhadap perempuan meningkat
A A A
Sindonews.com - Kasus kekerasan terhadap perempuan di Kabupaten Sragen hingga akhir tahun 2012 ini sudah mencapai 52 kasus. Kasus yang paling menonjol adalah kasus pencabulan dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Koordinator Aliansi Peduli Perempuan Sukowati (APPS) Sugiyarsi mengatakan, 52 kasus yang terjadi tersebut di antaranya KDRT, pencabulan, pelecehan seksual, dan traficking.

"Untuk tahun 2012 ini terdapat 52 kasus yang kami tangani, paling banyak kasus KDRT sebanyak 32 kasus dan pencabulan," papar Sugiyarsi, di kantornya, Rabu (5/12/2012).

Menurut dia, kendati mengalami penurunan di banding tahun lalu yang mencapai 60 kasus, tren kasus kekerasan terhadap perempuan justru cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

“Tahun ini saja sampai Desember ini menurun, tapi kalau kami lihat trennnya dari tahun ke tahun selalu meningkat,” ujarnya.

Dia mengutarakan, cenderung meningkatnya angka kekerasan terhadap perempuan tersebut lantaran hukuman yang diterima para pelaku masih belum sesuai harapan. Hukuman tersebut tidak sampai membuat efek jera bagi pelaku.

"Pada kasus-kasus yang telah diputuskan hukuman bagi tersangkanya, lama hukuman tahanan berkisar antara enam bulan hingga 12 tahun. Seharusnya hukuman yang diberikan ini bisa jadi efek jera bagi pelaku kekerasan," kata dia.

Untuk menekan angka kekerasan ini, Sugiyarsi mengaku terus menggencarkan sosialisasi sejumlah peraturan, seperti Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga, UU nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, dan UU nomor 21 Tahun 2007 Tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang.

“Kami APPS juga menjalin kerja sama dengan Kepolisian Resor (Polres) Sragen untuk memberikan pelayanan dan perlindunga maksimal bagi korban - korban kekerasan berbasis gender,” pungkasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3250 seconds (0.1#10.140)