Pembangunan jembatan Padangan-Kasiman dimulai 2013

Rabu, 28 November 2012 - 01:12 WIB
Pembangunan jembatan Padangan-Kasiman dimulai 2013
Pembangunan jembatan Padangan-Kasiman dimulai 2013
A A A
Sindonews.com – Pembangunan jembatan penghubung Kecamatan Padangan dengan Kasiman yang melintang di atas Sungai Bengawan Solo akan dimulai awal tahun 2013. Dana yang diproyeksikan untuk membangun jembatan beton tersebut sekira Rp30 miliar.

Menurut Wakil Ketua DPRD Bojonegoro, Sukur Priyanto, pembangunan jembatan Padangan-Kasiman itu menjadi salah satu prioritas pada 2013. “Jembatan beton itu lebarnya sekitar 7-8 meter melintang di atas Sungai Bengawan Solo,” ujar Sukur Priyanto yang juga ketua DPC Partai Demokrat Bojonegoro tersebut di gedung DPRD Bojonegoro, Selasa (27/11/2012).

Ia menerangkan, dana yang dipakai untuk membangun jembatan itu memang akan memakai dana sisa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bojonegoro 2012. Dana sisa Pilkada sebesar Rp16,5 miliar akan dialokasikan sebesar Rp4 miliar untuk membangun tambahan kamar hotel Griya Darma Kusuma (GDK) milik Pemkab Bojonegoro.

Sedangkan, Rp12 miliar akan digunakan membangun jembatan Padangan-Kasiman. “Kekurangan dananya akan diambilkan dari pos anggaran lain,” ujar Sukur Priyanto.

Pembangunan jembatan itu diharapkan akan membuka isolasi warga Kasiman yang berada di sebelah utara Sungai Bengawan Solo. Selain itu, menumbuhkan perekonomian dan perdagangan bagi warga Kasiman dan Padangan.

Selain jembatan Padangan-Kasiman, Pemkab Bojonegoro juga berencana membangun jembatan penghubung Kota Bojonegoro-Trucuk melintang di atas Sungai Bengawan Solo. Namun, pembangunan jembatan Bojonegoro-Trucuk itu dimulai pada 2014.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Bojonegoro, Andi Tjandra, menyatakan, rencana pembangunan jembatan Padangan-Kasiman itu telah dimulai pada tahun 2007 lalu.

“Studi kelayakan, analisis mengenai dampak lingkungan, dan detail teknis pembangunan jembatan Padangan-Kasiman itu sudah jadi. Sehingga pada 2013 tinggal melaksanakan saja,” ujar Andi Tjandra saat dihubungi, Selasa (27/11/2012).

Selain membangun jembatan membentang di atas Sungai Bengawan Solo, Pemkab Bojonegoro juga masih mempunyai pekerjaan rumah membangun sejumlah jembatan yang rusak.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8167 seconds (0.1#10.140)