Sekolah diserobot, murid SD belajar di pekarangan

Selasa, 27 November 2012 - 17:53 WIB
Sekolah diserobot, murid SD belajar di pekarangan
Sekolah diserobot, murid SD belajar di pekarangan
A A A
Sindonews.com - Sudah tiga hari ini murid SDN Bangkoa di Desa Bangkoa, Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan terpaksa belajar di pekarangan sekolah.

Karena sekolah mereka diserobot seorang warga yang mengklaim lahan yang ditempati sekolah tersebut adalah miliknya. Warga tersebut juga membangun rumah di halaman sekolah itu.

Ironis, pihak sekolah, maupun Cabang Dinas Pendidikan (Cabdis) Biringbulu, tidak mampu menangani kasus penyerobotan lahan sekolah tersebut.

Kepala Cabang Dinas (Kacabdinas) Pendidikan Kecamatan Biringbulu Arsyad Tinggi mengatakan, pelaku tetap bertahan di sekolah tersebut karena menganggap lahan tersebut miliknya yang dibeli dari pemilik lahan yang sah.

"Kami tidak mau mengambil resiko, dengan membuka segel sekolah tersebut, karena di khawatirkan berdampak pada murid di sekolah itu," katanya di Biringbulu, Selasa (27/11/2012).

Arsyad mengatakan, kasus ini sudah ditangani Polres Gowa, karena beberapa hari lalu sudah dilaporkan melalui Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Dikorda) Gowa.

"Kami meminta kepada aparat Polres segera menangani kasus penyegelan karena sudah menganggu proses belajar mengajar di sekolah ini," katanya.

Informasi di himpun di lokasi, dari enam kelas di gedung SDN Bangkoa, lima diantaranya di segel. Satu ruangan digunakan pelaku untuk tempat tinggal sementara.

Kini ratusan murid SD terpaksa belajar di luar pekarangan gedung sekolah. Kondisi tersebut, dapat dipastikan jika hujan turun maka para siswa terpaksa diliburkan.

Sejumlah orangtua murid, mengusulkan, proses belajar murid dicarikan tempat yang lebih kondusif.

"Kami sarankan kepada pihak sekolah agar dicarikan tempat belajar sementara, sembari menunggu proses penyelesaian konflik lahan sekolah tersebut," kata Irman, orangtua murid SDN Bangkoa.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4994 seconds (0.1#10.140)