Indonesia Laboratorium Antropologi Terbesar Dunia

Senin, 14 Februari 2022 - 21:07 WIB
loading...
Indonesia Laboratorium Antropologi Terbesar Dunia
Wakil Ketua Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS Abdul Kharis Almasyari mengatakan, bahwa Indonesia adalah laboratorium antropologi terbesar di dunia. Foto Ist
A A A
BOYOLALI - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Fraksi PKS Abdul Kharis Almasyari menghadiri Sarasehan Sejarah dan Budaya dengan tema Pengging Untuk Indonesia yang berlangsung di Padepokan Aji Tirto Wening Pengging, Boyolali pada Minggu (13/02/2022). Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama FEBI UNS,Pusat Kajian Sejarah Lontar Nusantara dan Padepokan Aji Tirta Wening.

Sarasehan Budaya ini menghadirkan narasumber Direktur Pusat Kajian Sejarah Lontar Nusantara Kasori Mujahid dan Kurator Senior Keris Surakarta Benny Hatmantoro.



Dihadiri puluhan undangan yang terdiri dari tokoh masyarakat Pengging, para pemerhati sejarah dan pecinta budaya Surakarta. Tampak hadir pula Wakil pimpinan DPRD Kota Surakarta Sugeng Riyanto dan Suparjito, Pegiat Komunitas Sutresna Tosan Aji "Nunggak Semi".

Acara ini diawali dengan sambutan selamat datang oleh Prof Djoko Suhardjanto Pengampu Padepokan Aji Tirta Wening yang juga Dekan FEBI UNS Surakarta.

“Padepokan ini, terbuka untuk kegiatan budaya, karena ini merupakan komitmen kami guna mewujudkan Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan,” ucap Djoko menutup sambutannya.

Berperan sebagai Keynote Speaker, Abdul Kharis sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan semacam ini. “Saya siap memfasilitasi jika kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan secara periodik,” ujarnya.

Kharis mengatakan, bahwa Indonesia adalah laboratorium antropologi terbesar di dunia.



“Dengan status sebagai negara kepulauan terluas di dunia, dihuni lebih dari 300 suku bangsa dan sekitar 64 ribuan lebih peninggalan purbakala di Indonesia, kalau anak bangsa tidak mau mempelajari dan mengkajinya, lama kelamaan kita akan kehilangan jati diri sebagai sebuah bangsa,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2484 seconds (0.1#10.140)