13 rumah warga rusak diterjang puting beliung

Senin, 05 November 2012 - 16:20 WIB
13 rumah warga rusak diterjang puting beliung
13 rumah warga rusak diterjang puting beliung
A A A
Sindonews.com - Terjangan angin puting beliung mengancam wilayah Bojonegoro, Jawa Timur, awal musim penghujan ini. Sedikitnya 13 rumah warga di Bojonegoro rusak dan roboh diterjang puting beliung, pada Minggu 4 November 2012 malam.

Warga Dusun Kumpul Rejo, Desa Leran, Kecamatan Kalitidu, Sukisno mengatakan, empat rumah warga dilaporkan mengalami kerusakan berat, termasuk rumah miliknya.

"Rumah saya, Joyo Agung, Suparmo, dan Mahwandi. Hingga kemarin warga sekitar membantu memperbaiki rumah tersebut secara swadaya rumah," ucapnya, di Bojongeoro, Senin (5/11/2012).

Menurut Sukisno, hujan disertai angin kencang itu hanya berlangsung sekitar setengah jam. Namun, kuatnya hembusan angin mengakibatkan rumah berdinding kayu miliknya porak-poranda.

“Saat rumah akan roboh, saya menyelamatkan diri ke rumah saudara,” ujarnya.

Pada saat bersamaan, bencana puting beliung juga melanda kawasan Desa Kedung Dowo, Kecamatan Balen. Dua rumah yaitu milik Jumain dan Jayen mengalami rusak berat.

"Dinding dari sasak bambu dan kayu jebol dan gentengnya berjatuhan ke tanah," ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Kasiyanto menambahkan, rumah dan bangunan yang rusak berat diterjang puting beliung itu telah didata.

"Pihak Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, akan memberikan bantuan senilai Rp5 juta untuk tiap korban yang rumahnya rusak atau ambruk karena puting beliung," ungkapnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, pihaknya juga mengimbau, agar warga mewaspadai angin kencang dan puting beliung saat musim hujan ini.

"Puting beliung rawan melanda wilayah selatan dan barat Bojonegoro yang berada di tepian hutan dan perbukitan yang gersang," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7320 seconds (0.1#10.140)