Warga Sampang koleksi Alquran raksasa

Jum'at, 26 Oktober 2012 - 16:03 WIB
Warga Sampang koleksi Alquran raksasa
Warga Sampang koleksi Alquran raksasa
A A A
Sindonews.com - Sebuah Alquran raksasa yang konon usinya sudah lebih dari seratus tahun menjadi koleksi salah seorang warga di Kabupaten Sampang, Madura. Alquran tanpa harakat tersebut milik Subaidi, warga Jalan Suhada, kelurahan Dalpenang, Kota Sampang, Jawa Timur (Jatim). Dilihat secara kasat mata, ukuran Alquran ini memang jauh lebih besar daripada Alquran pada umumnya.

Alquran ini memiliki ukuran panjang satu meter dan lebar dua meter. Dengan berat mencapai 30 kilogram, kitab suci ini memiliki ketebalan hingga 10 sentimeter lebih.

Alquran ini ditulis pada daun lontar. Lebih unik lagi, ia tidak memiliki harakat atau tanda baca. Bagi seseorang yang tidak menguasai Alquran dengan baik, tentu akan sangat kesulitan untuk membacanya. Hanya orang tertentu saja yang mampu termasuk mereka yang sudah hafal Alquran (hafidz).

Menurut Subaidi, sang pemilik yang ditemui di rumahnya, Alquran ini diwariskan secara turun temurun dalam keluarganya. Subaidi sendiri memperolehnya sebagai warisan dari orang tuanya sebelum meninggal tiga tahun silam. Berdasarkan penuturan kedua orang tuanya tersebut, Alquran ini dibawa dari daerah Yogyakarta ke Madura oleh leluhurnya dulu.

“Jadi ini warisan dari orang tua saya. Warisan yang teramat sangat bernilai harganya”, ujar Subaidi yang mengaku sempat berkali-kali ada orang yang menawar hendak membelinya. Namun Subaidi selalu menolak meski diiming-imingi uang dalam jumlah besar.

Al qur’an ini dibaca dan dikhatamkan pada waktu-waktu tertentu. Yakni pada bulan ramadan dan tiap hari raya besar umat Islam serta setiap malam Jumat legi. “Tidak kami baca tiap hari. Ini sebagaimana pesan dari leluhur kami. Ya kalau hari biasa, kami baca kitab Alquran yang biasa,” terang Subaidi lagi.

Tradisi mengkhatamkan Alquran ini pun berlangsung secara rutin setiap tahunnya hingga kini. Selain melanggengkan kebiasaan yang diwariskan oleh pemiliknya sejak dulu, juga berharap barokah dari kitab suci Alquran tersebut.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6812 seconds (0.1#10.140)