Sanjaya Raja Pertama Mataram Kuno yang Miliki Hubungan dengan Sunda

Selasa, 08 Februari 2022 - 08:51 WIB
loading...
Sanjaya Raja Pertama Mataram Kuno yang Miliki Hubungan dengan Sunda
Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno (Medang) di antaranya berupa Candi Prambanan yang hingga kini masih berdiri megah di perbatasan Jogja-Jawa Tengah. Foto/Dok.SINDOphoto
A A A
Salah satu kerajaan tertua di Pulau Jawa adalah Medang atau Mataram . Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya adalah sosok yang tidak bisa dilepaskan dari Kerajaan Medang tersebut. Dia dipercaya sebagai raja pertama Mataram sebagaimana diidentifikasi dari Prasasti Canggal tahun 732.

Sanjaya merupakan menantu dari Tarusbawa, sosok raja pertama di Kerajaan Sunda, pasca Tarumanagara pecah menjadi Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh.

Baca juga: Misteri Gedong Songo, Candi dengan Aura Mistis Peninggalan Mataram Kuno di Gunung Ungaran

Dikisahkan pada buku "Babad Tanah Jawi" tulisan Soedjipto Abimanyu, Sanjaya yang menuntut balas terhadap keluarga Purbasora. Untuk itu ia meminta bantuan Tarusbawa, mertuanya yang merupakan sahabat Sanna, yang digulingkan dari tahta Galuh oleh Purbasora.

Hasratnya dilaksanakan setelah menjadi Raja Sunda yang memerintah atas nama istrinya. Akhirnya Sanjaya menjadi penguasa Kerajaan Sunda, Kerajaan Galuh, dan Kerajaan Kalingga, setelah Ratu Shima mangkat.

Pada tahun 732 Masehi, Sanjaya mewarisi tahta Kerajaan Mataram dari orang tuanya. Sebelum meninggalkan kawasan Jawa Barat, ia mengatur pembagian kekuasaan antara putranya, Tamperan dan Resi Guru Demunawan. Sunda dan Galuh menjadi kekuasaan Tamperan, sedangkan Kerajaan Kuningan dan Galunggung diperintah oleh Resi Guru Demunawan, putra bungsu Sempakwaja.

Baca juga: Gubernur Khofifah Ungkap Dugaan Penyebab Kelangkaan Minyak Goreng di Jawa Timur

Kisah hidup Sanjaya secara panjang lebar terdapat salam Carita Parahyangan yang baru ditulis ratusan tahun setelah kematiannya, yaitu sekitar abad ke-16. Dari latar belakang inilah Kerajaan Medang atau Mataram Kuno berdiri.

Sanjaya yang menikah putri Raja Dewasingha di Kalingga selatan bernama Putri Sudiwara. Dari dua pernikahan itu, Sanjaya memiliki dua putra yaitu Rakreyan Panaraban atau yang sering disebut Tamperan Barmawijaya. Sementara dari pernikahannnya dengan Sudiwara, lahirlah Rakai Pikatan.

Di bawah pimpinan Raja Sanjaya sejumlah peninggalan candi didirikan oleh raja pertama Kerajaan Mataram Kuno ini. Beberapa candi seperti Candi Cangkuang yang berada di sekitar Gunung Haruman Jawa Barat, Candi - Candi Siwa di Dieng, Candi Gedong Songo, Candi Badut.

Sayang tak banyak catatan tentang pemerintahan Sanjaya kendati sudah ada Prasasti Canggal di tahun 732 Masehi. Bahkan naskah kuno Carita Prahyangan yang menulis Sanjaya, juga tak menyebut secara detail mengenai sosok Sanjaya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)