alexametrics

Kepergok, 3 pencuri dihakimi warga

loading...
Kepergok, 3 pencuri dihakimi warga
ilustrasi: dok. okezone
A+ A-
Sindonews.com – Kepergok saat menyatroni salah satu rumah, tiga orang pencuri dihakimi warga di Dusun Salakopi, Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar).

Ketiga pencuri itu, yakni Pardi (33), Sahi (16) dan Dede (55), dua diantaranya Pardi dan Dede merupakan warga Jati Sawit RT07/08, Desa Bumiayu, Jawa Tengah. Sedangkan Sahi tercatat sebagai warga Dusun Bojongjati RT04/04, Dusun Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis. Ketiganya mengalami luka serius akibat dikeroyok warga, bahkan Dede dan Pardi hingga saat ini dalam kondisi kritis masih menjalani perawatan di RSUD Banjar. Sementara Sahi diamankan di Mapolsek Kalipucang.

Ketiganya dikepung massa setelah dipergoki saat masuk rumah milik Dahir, dalam waktu bersamaan warga lain Deyo dan Acih juga melaporkan kehilangan sejumlah barang berharga di rumahnya. Berupa jam tangan, handphone, uang tunai dan perhiasan.



“Saat warga sedang ramai membicarakan pencurian, tiba-tiba ada warga lain yang berteriak memergoki pencuri. Warga yang berkerumun langsung melakukan pengejaran,” ungkap Rahman (31), warga setempat menjelaskan kepada wartawan, Jumat (12/10/2012).

Menurut Rahman, wakga langsung melakukan pengepungan dan mengamankan ketiga tersangka ke Balai Desa Cikalong. Namun, salah seorang warga yang kesal langsung melayangkan pukulan. Melihat hal tersebut warga lainnya langsung ikut memukuli korban.

“Tidak puas melampiaskan kekesalan dengan memukuli tiga pencuri, warga juga merusak satu unit sepeda motor yang diduga digunakan ketiga pelaku,” terang Rahman.

Kepala Desa Sidamulih Suparman membenarkan peristiwa itu. Menurut Suparman, beberapa saat setelah diamankan di Balai Desa, ketiga pelaku diserahkan ke Mapolsek terdekat. Namun, sejumlah warga yang kesal tetap saja menghakimi massa sekalipun sudah dicegahnya.

“Bahkan dari polsek, dua pelaku dibawa ke RSUD Banjar karena luka-luka, sedangkan seorang pelaku di pindah ke Mapolsek Kalipucang,” tandas Suparman.

Kepala Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Kalipucang Bripka Unang membenarkan pihaknya telah menahan salah seorang pelaku pencurian bernama Sahi yang masih anak remaja. “Sedangkan dua pelaku lainnya dirawat di Banjar. Mereka dipukuli warga karena kepergok sedang melakukan tindak pencurian,” kata Unang.

Unang menjelaskan, salah seorang pelaku mengaku sebagai tukang rongsok dan jual beli kayu. Namun, warga memperegokinya saat ketiganya beraksi di salah satu rumah warga dan akhirnya warga pun menghakimi para pelaku hingga terluka.

“Kami masih mengumpulkan keterangan dari saksi dan pengakuan pelaku,” tandas Unang.

Namun dugana sementara, lanjut Unang, ketiganya merupakan spesialis pencurian di wilayah tersebut. Dalam beberapa kena terakhir, memang di lokasi tersebut kerap dilaporkan kasus pencurian.
“Sedikitnya sudah ada tiga warga yang melaporkan kehialangan barang berharga. Seperti perhiasan emas, uang tunai, alat elektronik, handphone dan jam tangan,” tandas Unang.
(azh)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak