80 petugas pantau hewan kurban

Senin, 08 Oktober 2012 - 05:08 WIB
80 petugas pantau hewan kurban
80 petugas pantau hewan kurban
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya 80 orang petugas kesehatan diterjunkan Dinas Peternakan Kabupaten Blitar untuk memantau hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha mendatang.

Dengan populasi sapi potong yang mencapai 189.378 ekor dan 116.778 ekor kambing, tidak tertutup kemungkinan akan beredar daging tidak layak di Kabupaten Blitar.

“Kita akan tempatkan para petugas di setiap kecamatan,“ ujar Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Blitar Mashudi kepada wartawan, Minggu 7 Oktober 2012.

Pengalaman tahun sebelumnya, fokus pengawasan tertuju pada penyakit cacing hati (faciolasis). Penyakit yang menggerogoti hati binatang dan mengakibatkan daging tidak sehat.

Seiring kemajuan pengetahuan, kata Mashudi keberadaan daging tidak layak akan berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Karenanya yang diterjunkan nanti adalah para dokter dan mantri hewan. Ini untuk memastikan bahwa hewan yang disembelih nanti memang benar-benar aman dari penyakit, “jelasnya.

Sekertaris Dinas Peternakan, Mas Buana menambahkan bahwa pada hari H, jumlah petugas pengawas hewan kurban akan ditambah. Hal itu mengingat populasi hewan di Kabupaten Blitar relatif besar.

“Kalau soal stok hewan di Kabupaten Blitar saya kira sudah lebih dari cukup,“ tambahnya.

Menanggapi hal ini, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar M Taufich meminta pengawasan untuk segera sedini mungkin. Politisi dari PDI Perjuangan ini meminta dinas terkait untuk melakukan pengawasan di setiap pasar hewan yang ada.

“Kegiatan kurban ini berhubungan langsung dengan masyarakat. Dinas terkait hendaknya jeli melakukan tugas dan fungsinya,“ ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0999 seconds (0.1#10.140)