Polres Empatlawang amankan ratusan pohon ganja

Senin, 01 Oktober 2012 - 18:35 WIB
Polres Empatlawang amankan ratusan pohon ganja
Polres Empatlawang amankan ratusan pohon ganja
A A A
Sindonews.com - Jajaran Satnarkoba Polres Lahat kembali mengungkap keberadaan ladang ganja di wilayah Empatlawang. Polisi menemukan 291 batang ganja dari lokasi penemuan di kawasan Bukit Kijang, Desa Tanjung Alam, kecamatan Lintang Kanan, kabupaten Empatlawang Sumatera Selatan. polisi juga berhasil mengamankan satu orang tersangka Re (25), warga Tanjung Alam yang diduga sebagai pemilik dan penanam ganja tersebut.

Kapolres Lahat AKBP Beny Subandi melalui Kasatres Narkoba AKP Abu Dhani membenarkan adanya penemuan ladang ganja tersebut. dari barang bukti yang diamankan sebanyak 260 batang ganja berukuran 15-40 sentimeter. Serta 31 batang ganja berukuran 100-150 sentimeter dan diduga siap untuk dipanen.

“Setelah kita lakukan penggrebekan dilokasi memang benar ada ditemukan tanaman ganja ratusan batang, dan kita juga berhasil mengamankan satu orang tersangka dan sedang kita dalami terkait penemuan ini,” ungkap Beny menjelaskan kepada wartawan, Senin (1/10/2012).

Menurutnya, pengungkapan tersebut dilaksanakan setelah pihaknya mendapatan laporan dari masyarakat yang mencurigai dan mensinyalir adanya tanaman ganja di kawasan Bukit Kijang, Desa Tanjung Alam. Setelah memastikan informasi tersebut pihaknya langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengungkap hal tersebut.

Camat Lintang Kanan Rahmat Riandy saat dikonfirmasi membenarkan adanya informasi tersebut. Lokasi penemuan ladang ganja tersebut memang benar termasuk dalam wilayah Lintang Kanan. Kawasan tersebut menurutnya merupakan kawasan perkebunan kopi dan kawasan hutan perbukitan. Untuk menempuh kelokasi tersebut menurutnya, dibutuhkan tidak kurang 30 menit sampai satu jam berjalan kaki atau dari lereng bukit yang tidak bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor.

“Lokasinya cukup jauh dari kawasan hunian penduduk dan cukup tersembunyi dikawasan perbukitan,” ujarnya.

Pihaknya mengaku terkejut dengan adanya penemuan tersebut, karena selama ini upaya pencegahan seperti dengan melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat terus dilakukan. Pihaknya sangat bersyukur, dengan adanya penemuan tersebut sehingga pelaku yang berkaitan dengan keberadaan ladang ganja di kawasan tersebut dapat tertangkap.

"Adanya peredaran ganja saja sudah kita sudah sangat khawatir, apalagi ada ganja yang ditanam langsung oleh masyarakat. Jelas kita sangat mendukung adanya pengungkapan dan penindakan oleh pihak kepolisian,” ujarnya.

Terpisah Kepala BNN kabupaten Empatlawang Supratman menyambut baik adanya pengungkapan tersebut. Karena menurutnya dengan adanya pengungkapan tersebut semua pihak tidak bisa memungkiri bahwa peredaran dan keberadaan ganja di wilayah Empatlawang sudah sangat mengkhawatirkan dan perlu penanaganan cepat.

“Memang tidak bisa dipungkiri, kondisinya memang sudah gawat dan informasi yang selama ini mengenai ganja di Empatlawang jadi terbukti,” ujarnya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6693 seconds (0.1#10.140)