Asal Usul Nama Pantai Losari di Kota Makassar

Rabu, 02 Februari 2022 - 16:50 WIB
loading...
Asal Usul Nama Pantai Losari di Kota Makassar
Pantai Losari menjadi ikon Kota Makassar, hanya saja asal usul nama Pantai Losari masih simpang siur. Foto: Sindonews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - Objek wisata Pantai Losari yang terletak di Bagian Barat Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di Kecamatan Ujung Pandang, sudah sangat terkenalnamun asal usul namaPantai Losari masih simpang siur.

Keindahan langit saat matahari terbit dan terbenam menjadi daya tarik tersendiri bagi warga dari berbagai daerah. Terlebih saat ini pemerintah sudah mempercantik kawasan tersebut agar pengunjung bisa lebih nyaman di sana.

Bahkan Pantai Losari sudah menjadi ikon Kota Daeng nama lain Kota Makassar, sejumlah kegiatan lokal hingga internasional digelar di sana. Termasuk pembenahan dilakukan agar Pantai Losari menjadi daya tarik untuk berwisata.



Penamaan Pantai Losari

Meski sudah sangat terkenal sebagai ikon Kota Makassar, namun asal usul penamaan Pantai Losari belum diketahui dari mana, bahkan suku kata Losari tidak ditau asal usulnya.

Hanya saja, Pantai Losari awalnya hanya merupakan tanggul beton sepanjang 910 meter yang dibangun pada tahun 1945-1946. Saat itu tanggul ini menjadi lokasi berjualan ikan pada pagi dan sore hari. Selain itu juga menjadi pusat niaga warga.

Dikutip dari berbagai sumber kata Losari diambil dari Los dan Ari di mana "Los" bisa dimaknai secara sederhana sebagai kawasan lepas. Sebagai uraian harfiah maka kata Los, dalam bahasa Jawa punya ambigus makna. Maknanya berarti ia sebuah kawasan atau tempat untuk berjual-beli, sebagai toko-toko atau pasar yang terbagi-bagi menjadi beberapa los. Mengingat bahwa kawasan Pantai ini dulunya memang adalah tempat berjualan.

Sedangkan untuk kata “ari” dimaknakan sebagai pembungkus dan penyuplai. Meski demikian belum ada referensi pasti terkait dengan penamaan Pantai Losari yang saat ini terus dibenahi sebagai ikon kota Makassar.

Letak Pantai Losari
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)