Pembangunan Bandara Blitar dimulai 2013

Sabtu, 22 September 2012 - 04:01 WIB
Pembangunan Bandara Blitar dimulai 2013
Pembangunan Bandara Blitar dimulai 2013
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten Blitar akan memulai pembangunan bandara komersial di Dusun Jagoan Desa/Kecamatan Ponggok pada tahun 2013 mendatang.

Selain sudah terkonsep di dalam Perda Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Pemprov Jawa Timur, pihak TNI Angkatan Udara selaku pemilik kawasan sudah memberikan persetujuan.

“Secepatnya akan kami lakukan. Sebab keberadaan bandara akan mempermudah akses dari Blitar ke luar daerah dan sebaliknya, “ ujar Bupati Blitar Herry Noegroho kepada wartawan, Jumat (21/9/2012).

Lahan yang tersedia untuk bandara itu seluas 32 hektar. Lokasi tersebut terentang mulai lahan kosong yang berupa lapangan luas, hingga berhimpitan langsung dengan permukiman warga. Ukuran yang ada menurut Herry cukup representatif untuk menjadi sebuah landasan pacu pesawat terbang.

“Untuk pengembanganya bisa menggunakan tanah eks bengkok yang berada di sekitarnya, “terangnya.

Awal tahun 2013, proyek diharapkan mulai bisa dikerjakan. Untuk mencapai tahap itu (pelaksanaan), Pemkab Blitar masih melakukan penghitungan kebutuhan anggaran.

Menurut Herry, proses Feasibility Study (FS) dan Masterplan, termasuk di dalamnya model serta bentuk bandara tengah dilakukan pengkajian mendalam. “Semoga tahun ini proses perencanaan bisa tuntas,“ pungkasnya.

Sekedar mengingat, kawasan calon bandara komersial sebelumnya merupakan salah satu lahan sengketa agraria yang terjadi di Kabupaten Blitar.

Hingga saat ini proses penyelesaian sengketa antara warga masyarakat dengan instusi militer tak kunjung selesai. Menanggapi hal ini, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto menyatakan persetujuan.

Sebagai wujud dukungan riil, DPRD Kabupaten Blitar juga sudah memasukkan rencana pembangunan bandara dalam Perda RTRW Kabupaten Blitar. “Kita berharap keberadaan bandara bisa memberi manfaat yang luas bagi masyarakat Blitar, “ ujarnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4519 seconds (0.1#10.140)