Gaji naik, Pemkab Blitar alokasikan Rp59 M

Kamis, 06 September 2012 - 21:01 WIB
Gaji naik, Pemkab Blitar alokasikan Rp59 M
Gaji naik, Pemkab Blitar alokasikan Rp59 M
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten Blitar akan mengalokasikan dana tambahan Rp59 miliar untuk kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2012 ini.

Keputusan tersebut sebagai tindak lanjut dari kebijakan pemerintah pusat menaikkan gaji pegawai (PNS) sebesar 10 persen. “Sebab kenaikan ini memang tidak bisa kita hindari, “ ujar Bupati Blitar Herry Noegroho kepada wartawan, Kamis (6/9/2012).

Dengan tambahan Rp59 miliar, alokasi dana untuk PNS pada PAK yang saat ini masih memasuki tahap pembahasan akan membengkak menjadi Rp882 miliar.

Sebelumnya, setiap tahun alokasi gaji untuk PNS Kabupaten Blitar dengan jumlah sekira 17.000 orang mencapai Rp833 miliar.

Kekuatan APBD 2012 secara keseluruhan mencapai Rp 1,3 triliun. Menurut Herry, kenaikan belanja pegawai bukan permasalahan.

Sebab, selain DAU dan DAK, Kabupaten Blitar masih memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp84 miliar. Masih ditambah dari pendapatan dari sektor pajak sebesar Rp15 miliar dan pendapatan lain-lain yang sah sebesar Rp50 miliar.

“Kenaikan ini tidak akan mengurangi porsi anggaran untuk masyarakat. Sebab dari perhitungan keseluruhan masih ada nilai lebih,“ terangnya.

Menanggapi hal ini, anggota badan anggaran DPRD Kabupaten Blitar Panoto mengatakan, kebijakan kenaikan gaji PNS hanya tinggal menyesuaikan. “Memang sudah dihitung. Namun jangan samapi ada program pembangunan yang dikorbankan, “ujarnya.

Panoto meminta eksekutif terkait untuk memaksimalkan pengawasan terhadap kinerja SKPD. Sebab seringkali yang terjadi kenaikan gaji tidak berbanding lurus dengan kewajiban yang semestinya dilakukan.
“Pengawasan dan penertiban terhadap PNS yang masih longgar dalam pekerjaan harus benar-benar dilakukan. Sebab tidak pantas, digaji layak namun pekerjaanya tidak layak, “pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3361 seconds (0.1#10.140)