Lagi, penumpang Air Asia bawa sabu

Selasa, 04 September 2012 - 02:01 WIB
Lagi, penumpang Air Asia bawa sabu
Lagi, penumpang Air Asia bawa sabu
A A A
Sindonews.com - Bea dan Cukai Banda Aceh berhasil menggagalkan penyelundupan sabu-sabu dari Malaysia melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar.

Sabu-sabu itu dibawa oleh penumpang maskapai penerbangan Air Asia berinisial DAW (35). Untuk mengelabui petugas, tersangka menyembungikan sabu-sabu seberat 170 gram itu ke dalam rongga pelvis (dubur).

Kepala Bea dan Cukai Banda Aceh Beni Novri kepada wartawan mengatakan, DAW turun dari pesawat sekitar pukul 11.20 WIB. Sejak turun dari pesawat DAW sudah dicurigai petugas.

Saat dilakukan pemeriksaan awal, petugas belum menemukan barang bukti sabu-sabu itu. Baru setelah dironsen petugas melihat adanya benda mencurigakan.

“Hasil ronsen ditemukan benda yang menonjol di rongga pelvis DAW,” ujarnya di Banda Aceh, Senin (3/9/2012).

Selanjutnya, petugas berusaha mengeluarkan benda tersebut untuk memastikan apakah sesungguhnya yang tersimpan dalam pelvis DAW. Hasil pemeriksaan uji laboratorium, benda kristal bening itu positif sabu-sabu.

“Tersangka dan barang bukti sudah diserahkan ke penyidik Polda Aceh untuk pengembangan lebih lanjut,” kata Beni.

Penyeludupan sabu-sabu asal Malaysia dengan menggunakan maskapai Air Asia melalui Bandara Internasional Iskandar Muda telah sering terjadi.

Juli lalu, Bea dan Cukai juga menangkap penumpang maskapai tersebut yang membawa 1,6 ons sabu serbuk itu senilai Rp253 juta.

“Ancaman pidana penjara 15 tahun serta denda Rp 10 milyar serta penjara paling lama 20 tahun,” jelas Beni ketika itu.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1594 seconds (0.1#10.140)