Warga Jombang rebutan air bersih

Senin, 03 September 2012 - 16:17 WIB
Warga Jombang rebutan air bersih
Warga Jombang rebutan air bersih
A A A
Sindonews.com - Warga Dusun Ngapus, Desa Sumberaji, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, berebut air bersih saat petugas dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengirim bantuan air bersih di desa mereka.

Hal itu merupakan buntut dari kekeringan yang melanda wilayah mereka dalam dua bulan belakangan ini. Oleh sebab itu air bersih merupakan barang langka untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Menurut pantauan, begitu truk tangki dari PDAM datang, warga didusun Ngapus Desa Sumberaji, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, ini langsung berlarian membawa timba dari rumahnya masing-masing. Mereka langsung berebut air bersih yang dibagikan oleh petugas.

Salah seorang warga setempat Tini, bersyukur dengan adanya bantuan air bersih tersebut. Warga tidak perlu lagi mencari air bersih hingga ke hutan.

"Meski jumlahnya tak seberapa, warga mengaku senang dapat bantuan air bersih. Karena dapat dipakai untuk keperluan memasak dan minum," katanya, di Desa Sumberaji, Jawa Timur, Senin (3/9/2012).

Sementara itu BPBD Kabupaten Jombang yang dikonfirmasi mengenai hal ini, mengaku hari ini pihaknya telah melakukan droping air bersih ke dua Desa Kecamatan Kabuh, Desa Sumberaji dan Desa Marmoyo.

Sedangkan desa-desa lainnya di enam kecamatan yang juga krisis air bersih masih belum di kirim bantuan. Karena belum ada surat permintaan dari pemerintah desanya masing-masing.

Sedangkan kedua desa tersebut hanya diberikan air bersih 5.000 liter perhari selama empat hari sekali.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5475 seconds (0.1#10.140)