Pengungsi Syiah terserang Tomcat

Senin, 03 September 2012 - 11:39 WIB
Pengungsi Syiah terserang Tomcat
Pengungsi Syiah terserang Tomcat
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 25 pengungsi Syiah di Gelanggang Olahraga (GOR) Sampang diserang serangga Tomcat. Akibatnya, kulit 25 pengungsi tersebut melepuh karena racun dari kumbang mangrove itu.

"Sekitar 25 orang pengungsi yang terdiri dari 20 orang dewasa, dan lima anak-anak terkena serangga Tomcat. Kulitnya melepuh seperti terkena Herpes," kata Koordinator KontraS Jawa-Surabaya Andy Irfan saat dihubungi di Surabaya, Jawa Timur, Senin (3/9/2012).

Dia mengatakan, lokasi pengungsian di GOR Sampang memang tidak layak dari segi kesehatan. Terlebih, di samping GOR Sampang terdapat areal persawahan yang banyak dihuni serangga Tomcat ini.

Tak hanya itu, pengungsi yang terdiri dari warga Syiah ini juga mulai terserang berbagai penyakit lainnya, seperti Hipertensi (darah tinggi), infeksi saluran pernafasan, maag, dan anemia.

"Sementara jumlah tenaga medis di lokasi pengungsian masih kurang. Saat ini hanya terdapat dua tenaga medis dari relawan, dan empat dari Dinas Kesehatan," ujarnya.

Menurutnya, saat ini bantuan yang paling mendesak dibutuhkan oleh pengungsi adalah obat-obatan dan tenaga medis, karena jumlah pengungsi yang sakit semakin bertambah. Tak hanya itu, bantuan air bersih juga sangat diperlukan.

"Saat ini bantuan lainnya masih terus mengalir dari simpati masyarakat lainnya. Yang dibutuhkan saat ini adalah obat-obatan, air bersih, dan tenaga medis," tambahnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8940 seconds (0.1#10.140)