DPRD minta Bupati Blitar jeli pilih Sekkab

Senin, 27 Agustus 2012 - 21:24 WIB
DPRD minta Bupati Blitar jeli pilih Sekkab
DPRD minta Bupati Blitar jeli pilih Sekkab
A A A
Sindonews.com - DPRD Kabupaten Blitar meminta Bupati lebih teliti untuk memilih Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekkab). Bukan hanya memiliki kemampuan saja, namun juga berpengalaman.

"Kami berharap bupati tidak hanya mempertimbangkan kemampuan dan kapasitas. Pengalaman menjadi pertimbangan yang lebih penting," ungkap anggota dewan dari Fraksi Kebangkitan Bangsa (PKB) Idris Marbawi, di Blitar, Jawa Timur (Jatim), Senin (27/8/2012).

Saat ini tiga nama telah diajukan untuk menjalani proses verifikasi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blitar Mangatas Lomban Tobing, Kepala Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) yang kini juga menjabat sebagai Plt Sekkab Blitar Palal Ali Santoso, dan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhub dan Kominfo) Kabupaten Blitar Suyanto.

Sejak ditahannya Sekkab Bachtiar Suko Karjadi karena kasus korupsi, Kabupaten Blitar tidak memiliki sekkab. Oleh sebab itu, seluruh urusan pengelolaan keuangan, Bupati menunjuk Kepala Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Palal Ali Santoso sebagai Plt Sekkab.

Menurut Idris, sudah waktunya posisi jabatan Sekkab diisi secara definitif. Namun, siapapun penggantinya, tentunya adalah orang yang kredibel dan berpengalaman luas di bidangnya.

"Jangan sampai penggantinya adalah orang yang masih baru di bidangnya. Karena, tentu akan mengganggu jalannya pemerintahan. Untuk memilih itu tentu diperlukan kejelian ekstra," terangnya.

Secara terpisah, Bupati Blitar Herry Noegroho menjelaskan siapapun yang terpilih tidak terlepas dari skor penilaian yang diberikan pemerintah pusat. Sebab, dari provinsi, tiga nama yang disodorkan tersebut akan melalui verifikasi lagi di tingkat pusat.

Kendati demikian, Pemkab Blitar juga mempunyai hak untuk memberikan pertimbangan sendiri.

"Tentunya akan kita sesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Kabupaten Blitar. Selain itu kita juga mempertimbangan jenjang pendidikan, kepangkatan serta pengalaman," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0280 seconds (0.1#10.140)