Awas, daging gelonggongan marak di Jombang

Senin, 13 Agustus 2012 - 12:20 WIB
Awas, daging gelonggongan marak di Jombang
Awas, daging gelonggongan marak di Jombang
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Peternakan melakukan razia daging sapi di Pasar Tradisional Jombang, Jawa Timur (Jatim), jelang hari raya Idul Fitri. Petugas Dinas Peternakan Kabupaten Jombang yang melakukan operasi pasar dadakan ini mengagetkan para pedagang. Petugas menemukan daging sapi gelonggongan yang dijual oleh sejumlah pedagang.

Ketika ketahuan, para pedagang mengeluh pada petugas karena daging sapi yang dikirim para pemasok kondisinya basah dan kadar airnya terlalu tinggi. Akibatnya, banyak pembeli yang batal membeli daging mereka karena daging yang basah seperti ini kualitasnya jelek cepat busuk dan tidak bisa di pakai untuk bahan membuat bakso.

"Kita juga curiga, daging ini adalah hasil sapi yang sebelum disembelih diberi minum terlalu banyak atau digelonggong. Tujuannya agar beratnya nambah," ungkap salah seorang pedagang daging, Anik Surya menjelaskan di sela operasi, Senin (13/8/2012).

Menyikapi temuan ini, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jombang Ahmad Baidowi berjanji akan menelusurinya untuk memastikan apakah benar daging tersebut hasil gelonggongan atau bukan.
Dinas peternakan juga telah mendata penjual maupun identitas pemasok daging tersebut untuk diselidiki lebih lanjut.

"Kami akan selidiki asal daging gelonggongan tersebut. Kami sudah mendata semua pedagang dan pemasok," ujar Baidowi.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3516 seconds (0.1#10.140)