Angkat Potensi Bunga, KBB Bakal Gelar Internasional Flower Festival

Jum'at, 21 Januari 2022 - 23:36 WIB
loading...
Angkat Potensi Bunga, KBB Bakal Gelar Internasional Flower Festival
Sentra bunga yang berada di kawasan Cihideung, Parongpong, KBB, diharapkan bisa terangkat dengan diselenggarakannya Bandung Barat Internasional Flowers Festival yang bakal menghadirkan peserta dari beberapa negara luar negeri. Foto/MPI/Adi Ha
A A A
BANDUNG BARAT - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Bandung Barat Internasional Flowers Festival . Kegiatan itu sebagai upaya mengangkat pelaku usaha bunga di KBB dan mengangkat kembali ikon KBB sebagai Kota Kembang .

"Rencananya akan digelar akhir Juni atau awal Juli 2022 dan rangkaian dari HUT ke-15 KBB. Ini menjadi festival bunga terbesar yang pernah diselenggarakan di Bandung Barat," kata Kepala Disparbud, KBB, Heri Partomo, Jumat (21/1/2022). Baca juga: Kedai Kopi Sepeda, Kreasi Anak Muda Kota Kembang

Heri mengatakan, penyelenggaraan Bandung Barat Flowers Festival Internasional sekaligus untuk mengangkat potensi bunga di KBB. Pasalnya, KBB dikenal sebagai daerah penghasil bunga potong terbesar di Jawa Barat. Sejauh ini potensi tersebut belum dimunculkan sebagai daya tarik pariwisata.

Dikatakannya, banyak festival bunga di daerah lain seperti Festival Bunga Tomohon di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, bisa mengangkat nama daerah, baik untuk skala lokal, regional maupun nasional.

Bahkan mampu mengangkat derajat ekonomi petani bunga. "Ini jadi peluang besar untuk memperkenalkan KBB lebih luas lagi, karena kita punya sentra bunga di Cihideung," ucapnya.





Pihaknya menginginkan melalui kegiatan tersebut, ekonomi petani bunga seperti di daerah Cihideung, Kecamatan Parongpong ikut terangkat. Terlebih petani bunga selama pandemi COVID-19 sempat terpuruk dan banyak yang alih profesi.

Nantinya Bandung Barat Flowers Festival Internasional tidak haya sekadar menampilkan bunga tapi juga festival musik hingga budaya dari berbagai daerah hingga internasional. Seperti ada festival musik, festival seni budaya, pameran dan karnaval bunga, serta seni budaya dari beberapa negara luar negeri. Baca juga: Kopi Mattabulu Soppeng Akan Dipamerkan di Festival Pesona Kopi Agroforestri

"Penyelenggaraan Bandung Barat Flowers Festival Internasional harus bisa menggairahkan kembali petani untuk menanam bunga. Even ini sudah didaftarkan ke Pemprov Jabar dan semoga menjadi agenda resmi tahunan yang diselenggarakan di KBB," harapnya.
(don)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3322 seconds (11.97#12.26)