Bus terbakar, arus lalu lintas macet 10 KM

Rabu, 08 Agustus 2012 - 00:01 WIB
Bus terbakar, arus lalu lintas macet 10 KM
Bus terbakar, arus lalu lintas macet 10 KM
A A A
Sindonews.com - Bus Sari Harum jurusan Tasikmalaya-Palembang terbakar di Jalan Raya Kersamanah kawasan Kampung Kubang, Desa Nanjung Jaya, Kecamatan Kersamanah, Garut.

Bus bernomor Polisi B 7308 WV itu terbakar diduga karena freon air conditioner (AC) mengalami kebocoran.

“Para penumpang yang duduk di belakang, panik karena melihat asap dan percikan api di bagian atap bus. Saya langsung menghentikan laju bus dan meminta semua penumpang untuk keluar menyelamatkan diri,” kata sopir bus, Tito, 45, di lokasi kejadian, Selasa (7/8/2012).

Terdapat sedikitnya 25 orang di dalam bus yang melaju dari arah Bandung menuju Tasikmalaya tersebut. Beruntung, tidak ada penumpang yang menjadi korban pada peristiwa ini.

Salah seorang penumpang bus, Didi, 50, warga Kecamatan Singaparna, Kabupaten
Tasikmalaya, menuturkan sempat curiga sebelum muncul kepulan asap di bagian
atap bus. Pasalnya, suhu di dalam bus tiba-tiba berubah menjadi panas.

“Suhu berubah jadi panas. Padahal bus yang saya naiki ber-AC. Setelah muncul kepulan asap dan percikan api, saya langsung meminta sopir untuk menghentikan perjalanan,” tuturnya.

Awak bus yang dibantu para penumpang bahu membahu memadamkan api semampu mereka. Namun, karena air yang digunakan untuk menyiram kurang, api pun kemudian membakar seluruh bagian bus hingga hangus.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut Dikdik Hendrajaya mengatakan, peristiwa terbakarnya bus ini setidaknya membuat arus lalu lintas di jalur Malangbong mengalami kemacetan. Adapun kemacetan arus ini mencapai sepanjang 10 km.

“Warga dan penumpang sedang berusaha memadamkan api pada bus yang terbakar tepat di pinggir badan jalan. Proses evakuasi ini menyebabkan arus lalu lintas di kawasan Garut Utara, tepatnya di Jalan Raya Kersamanah terhambat,” tandasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.5292 seconds (0.1#10.140)