Tingkatkan Pariwisata di Kobar dengan Menggandeng Kabupaten Badung Bali

Kamis, 20 Januari 2022 - 13:19 WIB
loading...
Tingkatkan Pariwisata di Kobar dengan Menggandeng Kabupaten Badung Bali
Sejumlah anggota Dewan Kabupaten Badung, Provinsi Bali, melakukan kunjungan ke DPRD Kotawaringin Barat dalam rangka meningkatkan kerjasama bidang pariwisata. iNews TV/Sigit
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Badung, Provinsi Bali, melakukan kunjungan ke DPRD Kotawaringin Barat dalam rangka meningkatkan kerjasama bidang pariwisata , Rabu, (19/1/ 2022).

Anggota DPRD Badung disambut Komisi C DPRD Kobar dan Pegawai Dinas Pariwisata Kobar. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan diskusi dan mendengarkan sejauhmana kesiapan sarana dan prasarana mengenai pariwisata di Kobar.

Anggota DPRD Badung Bali I Wayan Edy Sanjaya mengatakan, pihaknya melakukan kunjungan ke Kobar ini untuk melihat sejauh mana kesiapan sarana dan prasarana daerah ini. Mengingat, Kobar ini menjadi tempat wisata yang banyak di kunjungi wisatawan domestik hingga mancanegara terutama Taman Nasional Tanjung Puting.

"Sebenarnya untuk soal kerjasama ini sudah terjalin sejak tahun 1990 an. Pemerintah Badung Bali selalu mengirim wisatawan atau Bule yang berkunjung ke Bali kemudian diarahkan ke Kobar khususnya TNTP," kata I Wayan Edy Sanjaya.

Namun, lanjutnya, dalam dua tahun terakhir ini, karena adanya pandemi Covid-19 hal itu tidak dilakukan. Maka dalam rangka meningkatkan kerjasama dalam bidang pariwisata ini, pihaknya juga untuk memastikan apakah sarana dan prasarana penunjang sudah siap.

“Baik itu hotel, guide, kapal dan TNTP nya apakah sudah siap untuk dikunjungi wisatawan, khususnya wisatawan asing pada saat nanti dalam kondiai normal," bebernya.

Maka hal ini perlu dipastikan, sehingga nantinya pariwisata Badung dan Kobar bisa tumbuh pesat lagi. Namun sebelum itu semua, kesiapan dari daerah harus jauh lebih matang. Agar ketika wisatawan berkunjung, bisa menikmati wisatanya dengan baik.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kobar Tuslam Amirudin mengatakan, adanya kunjungan DPRD Badung Bali ke Kobar ini suatu kehormatan. Sekaligus pihaknya banyak belajar dari Badung dalam pengelolaan pariwisata. Baca: Polda Riau Gagalkan Penyelundupan 80 Kg Sabu dari Malaysia, 11 Pelaku Ditangkap.

"Kobar harus banyak belajar dari Badung Bali dalam pengelolaan pariwisata. Pasalnya Kabupaten Badung Bali PAD dari pariwisatanya ini sangat pesat yakni hampir mencapai 85 persen dari total APBD dalam setahun. Memang tidak bisa dibandingkan dengan Kobar, namun Kobar harus banyak belajar," ujarnya.

Apalagi di Kobar, bidang pariwisata ini menjadi program prioritas pemerintah saat ini. Sehingga peningkatan PAD dari pariwisata perlu di genjot agar banyak manfaat bagi masyarakat.

"Tentu ini merupakan spirit, bagaimana kita bisa belajar dan bisa mengembangkan potensi wisata yang ada di Kobar,' pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2538 seconds (0.1#10.140)