Ganjar Kembali Bantu Rehab Rumah Kader PDIP, Kali Ini di Banjarnegara

Rabu, 19 Januari 2022 - 16:55 WIB
loading...
Ganjar Kembali Bantu Rehab Rumah Kader PDIP, Kali Ini di Banjarnegara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke rumah kader PDIP, Supono di Desa Gemuruh, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (19/1/2022). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANJARNEGARA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merenovasi rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Gemuruh, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Rumah milik kader PDIP, Supono (43) direnovasi agar menjadi hunian layak.

"Saya mau cek pembangunan RTLH untuk pengentasan kemiskinan ekstrem dan ini kebetulan bertemu dengan kader partai. Mumpung dalam suasana ultah partai," kata Ganjar Pranowo, Rabu (19/1/2022).

Ganjar mengaku menerima banyak laporan rumah masyarakat yang masih tidak layak huni. Ganjar ingin pengentasan kemiskinan dilakukan secara gotong royong.

Menurutnya, gotong royong sangat penting dalam hidup berdampingan. Bila di suatu desa kebiasaan tersebut melekat dalam masyarakat, maka timbul semangat kebersamaan dan toleransi. "Biasanya kalau gotong royongnya bagus, di desa itu masyarakatnya rukun. Apapun agamanya, kelompok, suku," ujarnya.

Kondisi Rumah Supono
Supono merupakan kader PDIP yang terbilang kurang mampu. Rumah Supono memang sangat sederhana, berukuran kecil dan beralaskan tanah. Tak ada perabot mewah di rumah itu. Hanya ada kursi dan meja kayu sederhana di ruang tamu yang menghadap langsung ke dapur.

Atap rumah Supono juga banyak berlubang. Di kala hujan, bocor selalu melanda. Dinding anyaman dan kayu penyangga rumah pun sudah keropos. Dengan Atas kondisi itulah, dia menjadi salah satu penerima bantuan RTLH dan jambanisasi.

"Sehari-hari pekerjaan saya sebagai buruh serabutan, dengan pendapatan Rp40.000 per harinya. Anak saya dua. Tidak cukup (untuk kebutuhan hidup dan renovasi rumah)," kata Supono, yang juga menjabat sebagai Ketua Ranting PDIP Desa Gemuruh.

Supono mengapresiasi kepedulian orang nomor satu di Jawa Tengah itu. Saat didatangi Ganjar, Supono pun menangis. "Saya berterima kasih kepada Pak Ganjar yang sudah mau ke sini. Kaget sekali kedatangan Pak Ganjar," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3390 seconds (0.1#10.140)