Illegal logging picu banjir bandang di Padang

Rabu, 25 Juli 2012 - 14:58 WIB
Illegal logging picu banjir bandang di Padang
Illegal logging picu banjir bandang di Padang
A A A
Sindonews.com - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Barat (Sumbar) memastikan penyebab banjir bandang di Kota Padang, Sumbar, disebabkan praktek illegal logging. Pengamatan Walhi, saat ini praktek pembabatan hutan tersebut masih terus berlangsung di hulu Sungai Batang Kuranji.

Banjir bandang yang menghanyutkan material kayu dan lumpur di sepanjang aliran Batang Kuranji membuat Walhi geram. Direktur Eksekutif Walhi Sumbar, Syaipul Khaliq mengatakan pihaknya meminta agar pemerintah serius menangani praktek illegal logging yang terjadi di kawasan hutan Kota Padang.

"Praktek illegal logging telah berlangsung lama, bahkan diperkirakan sudah terjadi sejak sepuluh tahun lalu. Aktivitas tersebut belum berkurang malah jadi penebakan hutan secara liar," ujar Syaipul menjelaskan kepada wartawan, Rabu (25/7/2012).

Walhi melihat sendiri praktek penebangan hutan di hulu Sungai Batang Kuranji hingga ke Bukit Limau Manis masih terjadi. Hasil temuan Walhi di lapangan, banyak material kayu yang diduga sisa penebangan hutan.

"Sebagian kayu-kayu tersebut hanyut terbawa banjir dan sempat menghantam jembatan dan rumah warga," paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Padang Fauzi Bahar pun setuju dengan pernyataan Walhi. Bahkan Fauzi juga mengatakan praktek illegal logging yang dilakukan oleh oknum memang terjadi di kawasan hutan tersebut. Untuk itu, Fauzi akan menggelar sayembara dalam waktu dekat. Bagi warga yang memiliki informasi tentang oknum yang terlibat akan diberi hadiah.

"Kalau ada warga yang mengetahui informasi pelaku illegal logging, maka Pemkot Padang akan beri hadiah," ujar Fauzi.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7315 seconds (0.1#10.140)