40 hektare hutan jati terbakar

Senin, 23 Juli 2012 - 09:20 WIB
40 hektare hutan jati terbakar
40 hektare hutan jati terbakar
A A A
Sindonews.com - Kebakaran hutan terjadi di wilayah Kabupaten Madiun. Kali ini hutan yang terbakar berada di petak 110 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Dawuhan, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madiun, Desa Ngadirejo Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun.

Akibat kebakaran ini, sedikitnya 40 hektare tanaman pohon jati muda ludes terbakar dilalap kobaran api. Dari pantauan di lapangan, setidaknya ada tiga titik api yang cukup besar. Kebakaran diduga akibat musim panas yang melanda wilayah Kabupaten Madiun. Api merambat dengan cepat membakar daun-daun kering yahng berguguran dan ilalang yang ada di sekitarnya.

Tak pelak kejadian tersebut membuat sebagian petugas Perhutani di kawasan terbakar kalang kabut berusaha untuk memadamkan api. Dengan menggunakan peralatan sederhana, mereka berusaha mengisolasi kawasan terbakar agar tak merambat semakin luas.Kendati demikian, angin yang cukup kencang membuat api semakin membesar.

Petugas Polisi Kehutanan RPH Dawuhan, Sujono mengatakan, ia dan rekan-rekannya sempat kesulitan mengatasi kobaran api. Ini karena area kebakaran cukup luas,sementara jumlah personel yang melakukan pengendalian kebakaran hanya enam personel.

”Kemungkinan besar penyebab kebakaran karena ulah manusia, misalnya membuang puntung rokok atau membakar ilalang dan tanaman seperti ketela di sekitar hutan,” ujar Sujono menjelaskan, Minggu 22 Juli 2012. Akibat kejadian ini, banyak tanaman pohon jati muda mati, sehingga harus ada reboisasi.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2478 seconds (0.1#10.140)