Harta Karun Gunung Penanggungan Jejak Peninggalan Kerajaan Majapahit

Selasa, 18 Januari 2022 - 05:07 WIB
loading...
Harta Karun Gunung Penanggungan Jejak Peninggalan Kerajaan Majapahit
Harta Karun Gunung Penanggungan Jejak Peninggalan Kerajaan Majapahit/Ali Masduki/SindoNews
A A A
Gunung Penanggungan jejak peninggalan Kerajaan Majapahit yang menjadi bukti kemahsyuran kekuasaan Prabu Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada. Jejak peninggalan kekuasaan Kerajaan Majapahit pada abad 15 Masehi itu menjadi harta karun yang tiada ternilai harganya dalam sejarah Indonesia.

Cerita pagi kali ini menyuguhkan kisah harta karun Kerajaan Majapahit yang terpendam di Gunung Penanggungan berlokasi di Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Gunung Penanggungan yang nama kunonya disebut Gunung Pawitra berada di ketinggian 1.653 m dpl adalah gunung berapi kerucut dalam kondisi istirahat.



Karena bangunan candi melambangkan gunung (meru) yang dipenuhi dengan hutan lebat. Fungsi Kala digunakan untuk menangkal pengaruh jahat. Oleh karena itu, letak relief kala berada pada bagian atas ambang pintu.
Beradai di lereng Gunung Penanggungan, suasana di Candi Jedong masih tetap asri. Dilengkapi dengan tumbuhan rimbun di sekeliling candi. Walau usianya sudah ratusan tahun, namun candi inimasih berdiri kokoh dan terawat dengan baik.

Selain Candi Jedong, masih ada beberapa Candi di Mojokerto yang patut dikunjungi seperti Candi Trowulan, Candi Jolotundo, Candi Kesiman, Candi Bangkal dan lain sebagainya. Dari beberapa inkripsi tersebut, terlihat pembangunan bangunan suci di kawasan ini telah berlangsung sejak masa pemerintahan Mpu Sindok hingga Dyah Krtawijaya (Bhre Tumapel).

Ini artinya selama sekitar enam abad, wilayah Penanggungan menjadi tempat ritual keagamaan. Salah satu hal yang menarik dari situs ini adalah kepercayaan megalitik atau kepercayaan asli Majapahit yang tersingkir unsur agama Hindu-Buddha, muncul kembali dalam bentuk lain yakni bangunan candi.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)