alexametrics

Unjuk rasa, buruh baku hantam dengan polisi

loading...
Unjuk rasa, buruh baku hantam dengan polisi
foto: Dok. okezone
A+ A-
Sindonews.com - Aksi unjuk rasa ratusan buruh di Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim), berlangsung ricuh. Ratusan buruh yang berupaya menghakimi salah seorang pesuruh perusahaan terlibat saling serang dengan pihak kepolisian.

Kericuhan bermula saat buruh menangkap salah seorang karyawan yang sedang memprovokasi buruh lainnya untuk tidak ikut dalam aksi mogok kerja yang digelar di depan PT Mentari Internasional di Desa Tunggorono, Kecamatan Kota Jombang. Melihat aksi buruh, pihak kepolisian langsung menghalangi aksi buruh tersebut.

Buruh yang sudah terlanjur emosi malah terlibat saling dorong dan baku hantam dengan petugas kepolisian. Situasi makin memanas ketika salah seorang oknum petugas kepolisian juga melakukan provokasi agar karyawan PT Mentari Internasinal tetap masuk kerja.



Aksi ratusan buruh tersebut dilakukan lantaran pihak PT Mentari Internasional tidak pernah memperhatikan nasib karyawannya. Perusahaan pembuat sepatu tersebut tidak pernah bertanggung jawab ketika karyawannya mengalami kecelakaan kerja. Selain itu, buruh juga menuntut agar perusahaan menghapus sistem kerja kontrak.

"Perusahaan tidak pernah memberi bantuan jika karyawannya mengalami kecelakaan kerja. Perusahaan seolah lepas tangan. Perusahaan juga tidak pernah membayar upah lembur," ujar Yuda Prawira, salah seorang buruh yang mengalami putus jarinya akibat kecelakaan kerja menjelaskan saat aksi, Rabu (18/7/2012).

Dalam orasinya, buruh mengancam akan terus melakukan aksi serupa jika tuntutannya tidak dipenuhi pihak perusahaan.
(azh)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak