Mengeroyok, 16 pemuda ditahan

Minggu, 01 Juli 2012 - 04:22 WIB
Mengeroyok, 16 pemuda ditahan
Mengeroyok, 16 pemuda ditahan
A A A
Sindonews.com - Sekelompok pemuda mengeroyok seorang warga Desa Panglion, Kecamatan Bittuang, hingga tewas. Peristiwa pembunuhan ini terjadi Jumat 29 Juni sekitar pukul 22.00 WITA.

“Hasil penyelidikan sementara, motif pengeroyokan itu akibat ketersinggungan,” ungkap Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Tana Toraja, AKP Alexander Hailitik di Mapolres Tana Toraja, Sabtu 30 Juni 2012.

Kronologis pembunuhan berawal ketika salah satu pelaku, HY, memperbaiki motor di bengkel milik adik korban bernama Endi. Seorang pelaku, AL yang bekerja sebagai sopir truk lewat di depan bengkel. Namun,saat itu situasi jalan di depan bengkel macet.

Pelaku AL kemudian turun dan menegur Endy karena dianggap sebagai biang kemacetan. “Sempat terjadi adu mulut antara dua pelaku dengan pemilik bengkel motor,”ujarnya. Malamhari nya, sekitarpukul 20.00 WITA, HY mendatangi rumah Endy bermaksud meminta maaf atas peristiwa itu.Namun, Endy justru memukul HY menggunakan sandal. Seusai kejadian, HY kemudian mengadu ke teman-temannya.

Sekitar pukul 22.00 WITA, HY bersama 15 rekannya datang melempari rumah Endy dan merusak peralatan bengkel. Mendengar suara gaduh, korban Rivay yang juga kakak Endy keluar rumah untuk mencari tahu apa yang terjadi di rumah adiknya. Berdasar cerita pelaku, korban Rivay membawa parang dan sempat menyerang pelaku. Melihat HY diserang oleh korban, pelaku lainnya langsung memukul korban hingga korban jatuh.

“Ada 16 pelaku yang diduga terlibat pengrusakan, pengeroyokan hingga korban Rivay tewas. Mereka sudah ditahan di MapolresTanaToraja,” katanya.

Pelaku dijerat pasal berlapis, yakni 338 KUHP dan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup. Pelaku HY di hadapan polisi mengakui membacok kepala korban menggunakan parang.

“Parang yang saya gunakan itu milik korban,” ujarnya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0036 seconds (0.1#10.140)