Penampakan Lingga Yoni dan Penyimpan Abu Jenazah Zaman Singasari yang Ditemukan di Lereng Kelud

Rabu, 12 Januari 2022 - 11:24 WIB
loading...
Penampakan Lingga Yoni dan Penyimpan Abu Jenazah Zaman Singasari yang Ditemukan di Lereng Kelud
Benda-benda yang diduga peninggalan sejarah yang ditemukan warga lereng Gunung Kelud, Kabupaten Kediri. Foto/SINDOnews/Solichan Arif
A A A
KEDIRI - Sejumlah benda- benda kuno ditemukan warga Desa Besowo Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur saat sedang bersih-bersih bersama di dekat kawasan hutan.

Benda-benda temuan tersebut ada yang menyerupai lingga yoni. Kemudian batu segi empat, mangkuk, mata uang, batu bata ukuran besar serta sebuah benda yang diduga penyimpan abu jenazah.



Warga langsung mengamankan semuanya ke salah satu rumah penduduk. “Selain batuan, juga ada seperti arca Ganesha yang di sampingnya terdapat bunga Wijaya Kusuma, dan kalau dilihat dari model batunya, seperti sebuah candi,” tutur Kepala Dusun Besowo Timur Wibowo kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Saat ditemukan, benda-benda tersebut berposisi terpendam dalam tanah. Pada saat bersamaan warga juga menemukan benda diduga kuno yang menyerupai arca dan lumpang batu.

Lokasinya di area persawahan yang berjarak sekitar 2 kilometer dari permukiman warga. Penemuan terjadi saat warga mencangkul di area sawah.

Begitu disampaikan perangkat desa, kata Wibowo pihaknya langsung melaporkan temuan tersebut kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri.


Disbudpar Pemkab Kediri langsung bergerak mendatangi lokasi.Dari pengamatan sementara, petugas Disbudpar kata Wibowo menduga benda-benda tersebut peninggalan zaman kerajaan.

"Kalau dilihat dari batunya yang kasar, katanya sebelum era Majapahit. Mungkin pada zaman Kerajaan Singasari. Batu batanya besar dan mudah pecah," kata Wibowo.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)