Petugas Gabungan Sweeping Penumpang di Terminal Purabaya

Kamis, 23 April 2020 - 16:11 WIB
loading...
Petugas Gabungan Sweeping Penumpang di Terminal Purabaya
Petugas gabungan TNI, Polri, dan Dinas Perhubungan (Dishub), melakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang datang di Terminal Purabaya. Foto/iNews TV/Pramono Putra
A A A
SIDOARJO - Jelang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sidoarjo, tim gabungan dari Polresta Sidoarjo, TNI, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, melakukan sweeping terhadap sejumlah pemudik yang datang di Terminal Purabaya, Kamis (23/4/2020).

Selain diperiksa kondisi kesehatannya sesuai dengan protokol kesehatan, seluruh pemudik yang baru datang khususnya dari daerah pandemi Corona seperti Tangerang, Jakarta, dan sejumlah daerah di Jateng, juga didata asal dan tujuan pemudik. Pemudik wajib menunjukkan kartu identitas diri kepada petugas saat turun dari bus.

Dalam sweeping yang dipimpin langsung Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol. Sumardji itu, petugas meminta warga tidak mudik sesuai anjuran Presiden Jokowi. Untuk pemudik yang sudah terlanjur pulang kampung agar melakukan isolasi mandiri di lokasi tujuan, atau diisolasi sementara di tempat isolasi sementara yang ada di area Terminal Purabaya.

Petugas tidak segan akan meminta paksa pemudik untuk balik ke daerah asal, jika pemudik tidak mematuhi himbauan pemerintah atau petugas.

"Semua pemudik yang baru datang, kami minta untuk melakukan isolasi mandiri di tempat tujuan dan melaporkan ke perangkat desa atau petugas kesehagan di lokasi tujuan untuk dilakukan pemantauan dan pengawasan," tegas Sumardji.

Sementara sejumlah pemudik yang nekat mudik melalui terminal purabaya mengaku, mereka siap melakukan isolasi ditempat tujuan, yang penting mereka bisa kumpul dengan keluarga di kampung halamannya.

"Saya dari Tangerang pak, siap diisolasi jika memang itu harus saya lakukan," ujar Runik, salah satu pemudik asal Tangerang.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)