Disdukcapil Bulukumba Lakukan Perekaman Biometrik ODGJ

Rabu, 05 Januari 2022 - 11:53 WIB
loading...
Disdukcapil Bulukumba Lakukan Perekaman Biometrik ODGJ
Proses perekaman biometrik yang dilakukan Disdukcapil Bulukumba terhadap Sunandar, warga Bulukumba berstatus ODGJ. Foto: Istimewa
A A A
BULUKUMBA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba kembali melakukan perekaman biometrik terhadap warga yang berstatus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) .

Perekaman kali ini dilakukan terhadap Sunandar, 69 tahun, warga Jalan Titang II Kelurahan Ela-Ela, Kecamatan Ujungbulu. Dari data kependudukan, Sunandar belum pernah melakukan perekaman biometrik untuk penerbitan KTP.

Baca juga:15 Desa di Bulukumba Terima Penghargaan dari Kementerian Pariwisata

Informasi terkait adanya ODGJ yang belum melakukan perekaman biometrik ini diperoleh Disdukcapil dari Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Bulukumba.

Adapun KTP milik Sunandar nantinya dibutuhkan pihak Dinsos Bulukumba untuk pengurusan BPJS Kesehatan yang ditanggung pemerintah daerah. Rencananya setelah BPJS-nya terbit maka Sunandar akan dibawa ke Rumah Sakit Dadi Makassar untuk dirawat.

Menurut Endang Muliani dari Disdukcapil , proses perekaman ODGJ butuh waktu dan prosesnya lama, sebab Sunandar sulit direkam biometriknya, terutama saat foto wajah.

"Untuk mendapatkan perekaman wajah yang tepat maka posisi badan harus sekian derajat. Begitu juga saat pengambilan iris mata," ungkap Endang usai perekaman, Selasa 4 Januari 2022.

Baca juga:Bupati Bulukumba Ultimatum Penambang Liar di Bendungan Balangtieng

Endang menerangkan, meski sempat mengalami kendala dalam proses perekaman, namun data Sunandar berstatus print ready record (PRR) atau siap cetak sehingga KTP Sunandar bisa dicetak.

Sementara itu Pendamping Sosial Dinas Sosial, Haerul yang mendampingi Sunandar ke Kantor Disdukcapil menyampaikan, setelah KTP elektronik Sunandar selesai, pihaknya bersama Dinas Kesehatan langsung menerbitkan Kartu BPJS, namun untuk penggunaannya harus menunggu masa aktifnya.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3545 seconds (11.210#12.26)