Gemapsi Temukan Dugaan Korupsi Kegiatan Tata Boga oleh Ketua PKK Simalungun

Selasa, 14 Desember 2021 - 21:03 WIB
loading...
Gemapsi Temukan Dugaan Korupsi Kegiatan Tata Boga oleh Ketua PKK Simalungun
Kegiatan Life skill Tata Boga TP PKK Simalungun yang dilaporkan Gemapsi ke KPK. (Ist)
A A A
SIMALUNGUN - Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun Ratnawati Sidabutar yang juga istri Bupati Radiapoh H Sinaga dilaporkan Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Gemapsi) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ratnawati dilaporkan atas dugaan melakukan tindak pidana korupsi pada kegiatan " Life skill" Tata Boga menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBN pada 3-7 Desember lalu di Tanah Karo.

Kepada Sindonews, Selasa (14/12/2021) ketua umum Gemapsi Anthony Damanik mengatakan, modus dugaan korupsi dilakukan bersama penyelenggara kegiatan Lembaga Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknologi Putra Bangsa yang beralamat di Tebingtinggi hingga menimbulkan kerugian negara sekitar Rp 2,7 miliar.

Anthony menambahkan, perbuatan dugaan korupsi dilakukan dengan modus memanipulasi anggaran kegiatan yang jika dihitung harga pasar oleh Gemapsi peserta yang mendapatkan ransel, jaket, oven listrik dan menginap di hotel hanya menghabiskan anggaran Rp 3 juta.

"Namun setiap peserta yang merupakan kader PKK di desa, dipungut biaya Rp 6,5 juta," ujar Anthony.

Dia melanjutkan bila setiap desa mengirin 2 peserta dikali 386 berjumlah 772 peserta sehingga kerugian negara yang diduga ditimbulkan mencapai Rp 2,7 miliar lebih.

"Dari investigasi Gemapsi anggaran itu digunakan hanya untuk pelatihan membuat dimsum dan dilaksanakan di hotel mewah di Tanah Karo bukan di Simalungun. Menghabiskan anggaran sekitar, Rp 5 miliar lebih jika 386 desa mengirim 2 peserta," ujar Anthony. Baca: Langgar Perjanjian Kerjasama, PN Pontianak Vonis PT SBI Bayar Ganti Rugi Rp7,2 Miliar.

"Padahal jika hanya pelatihan pembuatan dimsum bisa saja didatangkan ahli masak dari hotel-hotel berbintang di kawasan Danau Toba di Parapat, tidak harus ke daerah lain," tambahnya.

Ironisnya dana kegiatan tersebut menurut Anthony diambil dari para kepala desa melalui anggaran penanganan COVID- 19 untuk PPKM dari yang dialokasikan di ADD. Baca Juga:. Geger Suami Telanjangi dan Siksa Istri, Ternyata Gegara Dipicu Cemburu karena Main TikTok.

Kepala Dinas Kominfo Pemkab Simalungun Wasin Sinaga yang dikonfirmasi terkait dilaporkannya ketua TP PKK Simalungun, yang juga istri bupati Radiapoh H Sinaga, mengatakan akan mengecek dulu kegiatan yang dimaksud Gemapsi.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4831 seconds (0.1#10.140)