PTPN XIV Kembangkan Usaha Peternakan Sapi Berkelanjutan

Jum'at, 10 Desember 2021 - 15:44 WIB
loading...
PTPN XIV Kembangkan Usaha Peternakan Sapi Berkelanjutan
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara PTPN XIV dan PT Asiabeef Biofarm Indonesia (PT ABI) pekan lalu. Foto: Humas PTPN XIV
A A A
MAKASSAR - PT Perkebunan Nusantara XIV (PTPN XIV) bakal mengembangkan peternakan sapi berkelanjutan di Unit Usaha Kabaru PTN XIV Kabaru Nusa Tenggara Timur (NTT). Rencana tersebut diperkuat melalui penandatanganan perjanjian kerja sama antara PTPN XIV dan PT Asiabeef Biofarm Indonesia (PT ABI).

Kerja sama keduanya diteken langsung oleh Direktur PTPN XIV Suhendri dan President Director PT ABI, James Jerry Huang di Kantor Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Jakarta, Sabtu (4/12) lalu. Hadir pula menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut Bupati Sumba Timur yang diwakili Sekretaris Daerah Sumba Timur, Domu Warandoy.

Baca juga:PTPN XIV dan Petrokimia Gresik Sosialisasikan Program Makmur BUMN

Turut hadir Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani, Direktur Umum Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Doni P Gandamiharjda, Komisaris Utama PTPN XIV Ambo Alla dan Komisaris Independen PTPN XIV Frono Jiwo.

Direktur PTPN XIV , Suhendri mengatakan, penandatangan kerja sama usaha itu sebagai tindak lanjut Nota Kesepahaman yang telah diteken antara PTPN XIV dan PT ABI pada tanggal 14 Mei 2019. Sinergi keduanya dalam rangka pendayagunaan lahan dan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pengembangan peternakan sapi Sumba Ongole dengan sistem ranch.

"Kesepakatan bersama ditandatangani 14 Mei 2019, dan pada hari ini realisasi penandatanganan kerja sama usahanya," ujar Suhendri.

Baca juga:PTPN dan Mentan Berencana Kembangkan Sapi Wagyu di Wajo dan Sidrap

Dalam perjanjian kerja sama itu, sambung Suhendri, PTPN XIV menjual 1.485 ekor sapi kepada PT ABI. Selanjutnya, mereka akan mengelola sapi tersebut pada lahan seluas 7.972 hektare serta fasilitas pendukung di Unit Usaha Kabaru yang terletak di Desa Lainlanjang, Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur, NTT.

Lahan tersebut akan digunakan sebagai ranch tempat budi daya peternakan sapi. Ditargetkan pada tahun ke-15, kerja sama itu akan menghasilkan sapi sebanyak 16 ribu ekor. Harapannya, ada nilai tambah pendapatan yang diperoleh PTPN XIV dari peternakan sapi oleh PT ABI yang dilaksanakan dengan sistem revenue sharing. Kesepakatannya yaitu penjualan sapi sebesar 92% untuk PT ABI dan 8% untuk PTPN XIV .

Presiden Director PT ABI, James Jerry Huang mengatakan pihaknya telah memiliki pengalaman selama 25 tahun di Brazil dan telah mengelola lebih dari 15 ribu ekor sapi, serta telah melakukan penjualan sapi ke seluruh kota di Jawa Barat. Dia meyakini bahwa bisnis peternakan sapi memiliki peluang bisnis yang menjanjikan.

Baca juga:PT SPN Bagikan Bibit Tanaman dan Lakukan Penghijauan

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Timur, Domu Warandoy memberikan apresiasi dan terima kasih atas kerja sama yang terjalin antara PTPN XIV dan PT ABI. Melalui kerja sama keduanya akan berkontribusi sebagai pemasok daging sapi untuk kebutuhan nasional.

"Sumba Timur sangat kaya akan padang sabana yang luas dan saya rasa ini sangat cocok untuk pengembangbiakan sapi yang akan dikembangkanbiakkan di lahan milik PTPN XIV yang persis berbatasan dengan lahan milik PT ABI. Kendala bahan makanan ternak yang terjadi karena curah hujan yang rendah di Kabupaten Sumba Timur diharapkan dapat diatasi dengan baik melalui kerja sama ini," papar Domu.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2307 seconds (11.210#12.26)