Kematian George Floyd dan Perjuangan Sepak Bola Spanyol Lawan Rasisme

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:59 WIB
loading...
Kematian George Floyd dan Perjuangan Sepak Bola Spanyol Lawan Rasisme
Kematian George Floyd telah menghadirkan gelombang protes di Amerika Serikat dan sebagian negara di dunia. Di Spanyol, Laliga mengambil sikap tegas terhadap masalah rasisme / Foto: La Liga
A A A
MADRID - Kematian George Floyd mengakibatkan gelombang protes di Amerika Serikat dan sebagian negara di dunia. Di Spanyol, Laliga mengambil sikap tegas terhadap masalah rasisme.

Salvador Rodriguez Moya, seorang penulis olahraga yang memiliki spesialisasi dalam rasisme dalam sepak bola percaya bahwa olahraga sedang menuju ke arah yang benar dalam perjuangannya melawan rasisme tetapi masih ada yang harus dilakukan.

Moya menjelaskan ada dua hal yang perlu diketahui dalam melawan rasisme. Pertama, mengenali masalah dan kedua adalah mengetahui kepentingan sebenarnya dengan statistik objektif yang dibuat orang yang tidak tertarik dengan topik tersebut.

"Pernyataan dari LaLiga atau Federasi (Sepak bola Spanyol) tidak cukup. Tidak diketahui apakah mereka memasukkan data nyata. Pertama-tama. Saya pikir ada lebih banyak rasisme daripada yang kita pikirkan dan kita sadari. Anda hanya harus pergi ke stadion mana pun di liga mana pun dalam kategori apa pun," kata Moya kepada MARCA, Minggu (7/6/2020)

"Sekarang, fokus telah diletakkan di Amerika Serikat dan, dalam kasus eksternal, pada sepak bola karena teknologi memberikan akses ke semua yang terjadi, tetapi kami juga mendapatkannya. Ada lonjakan lain di Inggris, hal-hal terus terjadi di Italia dan ini merupakan masalah yang muncul di Eropa Timur."

Sejumlah pemain sepak bola telah bergabung dengan protes anti-rasisme, tetapi Moya tidak yakin bahwa beberapa benar-benar keluar untuk membuat perbedaan.

"Satu hal yang akan banyak membantu adalah bagi tokoh-tokoh sepak bola untuk merintis jejak gaya Lewis Hamilton atau Tiger Woods, yang menghidupkan kampanye tanpa perlu episode seperti ini untuk membuat mereka melompat," katanya.

"Jika Anda meletakkan mikrofon di depan semua orang, termasuk Javier Tebas, Luis Rubiales, CSD Dewan Olahraga Nasional, untuk menentang rasime. Tetapi seiring waktu topik ini akan menghilang."

Jadi perlu ada kampanye secara konsisten yang dilakukan jika ingin memerangi masalah rasisme dalam sepak bola. Dan, bukan ketika ada kejadian seperti yang menimpa George Floyd, baru gelombang protes disuarakan.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)