Lewat Stiker, ITS Ajak Masyarakat Punya Kebiasaan Baru Hadapi COVID

Sabtu, 06 Juni 2020 - 21:42 WIB
loading...
Lewat Stiker, ITS Ajak Masyarakat Punya Kebiasaan Baru Hadapi COVID
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meluncurkan paket stiker di media sosial yang berisi pesan untuk mengampanyekan pencegahan penyebaran COVID-19 ini. Mereka memilih cara unik ini untuk mengajak semua segmen masyarakat. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Berbagai pihak kini terus berkolaborasi untuk menghentikan penyebaran COVID-19 di Indonesia. Mereka mengedukasi masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meluncurkan paket stiker di media sosial yang berisi pesan untuk mengampanyekan pencegahan penyebaran COVID-19 ini. Mereka memilih cara unik ini untuk mengajak semua segmen masyarakat. (Baca juga: ITS Rancang Transportasi Autonomous Hadapi New Normal )

Koordinator Kampanye Penanggulangan COVID-19 ITS, Rabendra Yudistira Alamin, mengatakan, salah satu masalah terletak pada edukasi masyarakat yang dinilai belum semuanya peduli terhadap pencegahan penyebaran COVID-19 di sekitar mereka.

Bendra yang dibantu oleh kelima mahasiswanya yakni Adhec Saputra, Nabila Disarifianti, Fadhlan Achmad Habib, Nadine Aulia Farah Diba, dan Dandy Anugrah Cahyada membuat paket stiker berisi pesan edukasi yang dapat digunakan di media sosial WhatsApp. “Stiker ini dipilih karena masyarakat saat ini yang kebanyakan melakukan aktivitas dari rumah lebih sering menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi,” kata Bendra, Sabtu (6/6/2020).

Dia menjelaskan, stiker tersebut dibuat dengan menggunakan gambar aktivitas dan kata-kata yang sering digunakan oleh masyarakat. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Jawa, sesuai yang banyak digunakan oleh masyarakat di Jawa Timur.

Dosen Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) tersebut beralasan, menggunakan bahasa Jawa akan lebih memudahkan masyarakat untuk memahami makna dari stiker tersebut. “Apalagi selama ini sudah banyak edukasi yang menggunakan Bahasa Indonesia yang baku,” kata dia.

Cara untuk mendapatkan stikernya juga cukup mudah, tinggal mengunduh secara gratis pada alamat http://sticker.ly/s/MU53G8. Selain itu, Bendra menjelaskan, juga bisa menyimpan stiker yang telah dikirimkan oleh pengguna sosial media lainnya yang memiliki stiker tersebut. Ke depannya, Tim Kampanye juga akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat melalui media lain, seperti poster, slide, video, atau lainnya.

Selama masih ada ide dan masukan yang diterima oleh Tim Kampanye, Bendra dan timnya akan terus menghasilkan berbagai produk edukasi kepada masyarakat secara visual. Apalagi bila terdapat informasi yang baru dan penting atau berbagai celetukan yang penting disampaikan kepada masyarakat umum.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2404 seconds (0.1#10.140)