Siasat Cerdik Panembahan Senopati Gunakan Perempuan Cantik Taklukkan Madiun

Senin, 15 November 2021 - 08:30 WIB
loading...
Siasat Cerdik Panembahan Senopati Gunakan Perempuan Cantik Taklukkan Madiun
Panembahan Senopati. Foto/Dok.Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta
A A A
Pasukan besar dikerahkan Panembahan Senopati, untuk menaklukkan Jawa bagian Timur. Pasukan Kerajaan Mataram itu, bergerak menuju Surabaya, melalui Blora. Pasukan besar itu, sempat beristirahat di wilayah Jipang.



Pergerakan pasukan besar dari Mataram ini, sudah diketahui oleh telik sandi Surabaya. Adipati Surabaya, dengan cekatan mempersiapkan kekuatan terbesarnya untuk menghadapi serangan dari Kerajaan Mataram.



Adipati Surabaya mengumpulkan seluruh bupati yang ada di bawahnya, mulai Bupati Tuban, Lamongan, Gresik, Lumajang, Kertasana, Malang, Pasuruan, Kediri, Blitar, Pringgabaya, Lasem, Madura, Sumenep, Pakacangan, dan Pragunan.



Penyerbuan Surabaya, oleh pasukan Mataram yang dipimpin Panembahan Senopati ini, digambarkan Peri Mardiono dalam bukunya yang berjudul "Tuah Bumi Mataram: Dari Panembahan Senopati hingga Amangkurat II".

Ekspansi Panembahan Senopati ke Surabaya ini juga melibatkan Sunan Giri. Hal ini bertujuan agar Sunan Giri bisa memberikan andil untuk menghindari pertumpahan darah lebih hebat. Alhasil Surabaya bisa ditaklukkan dan mengakui kedaulatan Mataram.

Setelah berhasil membuat Surabaya tunduk, Panembahan Senopati kemudian bergerak menuju Madiun dengan bala tentaranya. Di sana ia berusaha menduduki Madiun, tetapi jumlah prajurit Madiun jauh lebih banyak dari pada Mataram.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)