Punya Formulasi Mumpuni, Bonebol 7 Kali WTP

Jum'at, 05 Juni 2020 - 15:14 WIB
loading...
Punya Formulasi Mumpuni, Bonebol 7 Kali WTP
Ketua Tim Kerja Bupati Bone Bolango, Irwan Bempah.
A A A
BONE BOLANGO - Lagi, Kabupaten Bone Bolango meraih predikat tertinggi dalam pengelolaan keuangan daerah Wajar Tanpa Pengeculaian (WTP) ke-7 kalinya. Hal ini menunjukkan capaian dengan indikator jelas.

Setiap tahun melalui Bappeda dengan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melakukan survei kepuasan masyarakat terhadap layanan pemerintah. Relevansi antara capaian WTP dengan realisasi program dan layanan publik, setiap tahun juga dirilis oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, sebagai bentuk transparansi dan pertanggung jawaban kepada rakyat atas kinerja Kepala Daerah.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Kerja Bupati Bone Bolango, Irwan Bempah Jumat (5/6/2020). “Bicara data saya tidak bisa mengandai-andai bertanya soal kualitas pelayanan, ada data kita, ada alat ukur kita, ada target kinerja makro, pelayanan di Kabupaten Bone Bolango itu sudah Baik,” ujarnya.

Setiap tahun ada Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), IKM untuk tahun 2019 itu sudah di atas 70 an persen, nyaris 80 persen untuk semua aspek. Indikatornya berdasarkan penilaian peraturan Menteri PAN RB.

Dari segi realaisasi program, capaian WTP memiliki korelasi yang jelas terhadap program pemerintah daerah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Termasuk didalamnya terlaksananya semua program yang telah direncanakan dan manfaatnya sudah dirasakan masayarakat.

“Ditahun keempat kepemimpinan Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, sudah dapat dipastikan 90 an persen semua program-program unggulan sudah terlaksana, sesuai apa yang dituangkan dalam RPJMD," ungkap Irwan.

Indikator makro tidak bisa dibohongi. Orang searching Bone Bolango, keluar semua indikator makro, apa itu indikator makro? Indeks Pembangunan Manusia, Angka Kemiskinan. "Bahkan baru-baru ini yang cukup heboh, Bone Bolango tertinggi DID (Dana Insentif Daerah). Kita dapat Rp40 miliar, tertinggi se-kabupaten se-Provinsi Gorontalo. DID itu indokator kinerja,” tegas Irwan.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)