Gabungan Komunitas Anak Muda Probolinggo Kompak Gelar Kegiatan Kemanusiaan

Senin, 08 November 2021 - 23:30 WIB
loading...
Gabungan Komunitas Anak Muda Probolinggo Kompak Gelar Kegiatan Kemanusiaan
Sebanyak 13 komunitas di Probolinggo berkolaborasi dalam kegiatan donor darah dengan tema Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2021Foto/ist
A A A
PROBOLINGGO - Sebanyak 13 komunitas di Probolinggo berkolaborasi dalam kegiatan donor darah dengan tema 'Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2021'. Dalam kegiatan ini berbagai komunitas ikut terlibat dan secara sukarela menyumbangkan darahnya kepada PMI.

"Kolaborasi berbagai komunitas ini sebagai wujud kebersamaan, dan solidaritas lintas komunitas. Mudah-mudahan dengan donor darah ini bisa membantu sesama," kata koordinator acara, Andi Susanto, Senin (8/11/2021).

Kegiatan dilaksanakan bertahap dari pertengahan Oktober hingga akhir Oktober 2021. Komunitas bergantian menuju tempat donor yang tersebar di sejumlah daerah di Probolinggo. Ini ini dilakukan untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19 termasuk menghindari kerumunan.

Baca juga: Donorkan 4.547 Kantong Darah di 91 Kota Indonesia Timur, Kolaborasi KITA Raih Muri

Jumlah kantong darah yang berhasil diberikan kepada PMI 100 kantong. Syarat donor tahun ini lebih ketat lantaran harus sudah vaksin serta harus memenuhi standar kesehatan seperti tensi darah.

"Untuk komunitas yang terlibat ini ada anak motor Bold Riders yakni NVL-RP Probolinggo, kemudian PCBC Probolinggo, KCI, serta ada komunitas Fans Club dari Mirepro. Karang taruna juga ada dari Karang Taruna Brumbungan Lor, Couple, Poh Sangit Kidul, Karang Taruna Kali Buntu, TKP4 Community, dan Suket teki Community serta Sapi kerep," jelasnya.

Sementara itu kegiatan di Probolinggo ini merupakan bagian kolaborasi KITA yang kini sedang menggelar donor darah di berbagai tempat. Data sampai Jumat 5 Oktober 2021, untuk kegiatan donor darah di Indonesia Timur ini tercatat melibatkan 715 komunitas, dengan ribuan anggota di 91 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur.



Program donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah diinisiasi oleh Kolaborasi KITA sejak tahun 2020. Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi KITA didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur.

Pada Sabtu (6/11) Kegiatan Donor Darah serentak di wilayah Indonesia Timur dengan tema #SetetesDarahUntukNegeri2021 ini akhirnya memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)