Strategi Jayakatwang Hancurkan Singasari Lewat Serangan 2 Arah, dan Bunuh Kertanegara saat Pesta Miras

Minggu, 07 November 2021 - 05:00 WIB
loading...
Strategi Jayakatwang Hancurkan Singasari Lewat Serangan 2 Arah, dan Bunuh Kertanegara saat Pesta Miras
Candi Singasari di Kelurahan Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, menjadi tempat pendarmaan Raja Kertanagara. Foto/SINDOnews/Yuswantoro
A A A
Raja Kertanegara tewas dibunuh Jayakatwang, saat berpesta minuman keras. Raja terakhir Singasari ini, tak menyadari pasukan Gelang-gelang yang dipimpin Jayakatwang, telah menyerang hingga ke pusat keraton Singasari.



Kertanegara naik tahta sebagai raja ke lima Kerajaan Singasari, menggantikan ayahnya Wisnuwardhana. Dia akhirnya menjadi raja terakhir dari kerajaan yang didirikan oleh Ken Arok tersebut. Kerajaan Singasari didirikan ken Arok, usai menghabisi Raja Kadiri, Kertajaya.

Kematian memilukan Kertanagara di dalam istana Kerajaan Singasari sendiri tersebut, tak lepas dari siasat jitu Jayakatwang yang kala itu memimpin Gelang-gelang. Atas saran dari Aria Wiraraja, Jayakatwang menyerang Kerajaan Singasari dari dua arah.

Pada awalnya, Jayakatwang mengirimkan pasukan kecil dari sisi utara yang dipimpin Jaran Guyang. Tak ingin pemberontakan Jayakatwang meluas, Kertanagara mengirimkan pasukan Kerajaan Singasari yang dipimpin menantunya, Raden Wijaya.



Menurut Riboet Darmosoetopo dalam tulisannya yang berjudul "Sejarah Perkembangan Majapahit", dan termuat dalam "700 Tahun Majapahit, Sebuah Bunga Rampai", disebutkan Raden Wijaya menghadang pasukan Jayakatwang, bersama para panglima yang memiliki pengalaman dalam perang.

Para panglima yang turut serta menghadang pasukan Jayakatwang, antara lain Banyak Kapuk, Ranggalawe, Pedang, Sora, Dangdi, Gajahpanggon, Nambi yang merupakan anak Aria Wiraraja, Peteng, dan Wirot.

Saat Raden Wijaya dapat memporakporandakan pasukan Jayakatwang di sisi utara Kerajaan Singasari. Ternyata, pasukan yang lebih besar datang menyerang dari sisi selatan, dan langsung masuk ke jantung Kerajaan Singasari.

Pusat Kerajaan Singasari yang tidak terjaga, dengan mudah ditakhlukkan pasukan Jayakatwang yang datang dari arah selatan. Pasukan yang dipimpin Patih Mahisa Mundarang, langsung masuk mengobrak-abrik istana, dan membunuh Raja Kertanagara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)