PWNU dan PCNU se-Jatim Solid Dukung Gus Yahya Pimpin PBNU

Kamis, 04 November 2021 - 11:00 WIB
loading...
PWNU dan PCNU se-Jatim Solid Dukung Gus Yahya Pimpin PBNU
PWNU dan PCNU se Jatim solid dukung Gus Yahya pimpin PBNU.Foto/dok
A A A
SURABAYA -
Pengurus Cabang maupun Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PCNU dan PWNU) Jawa Timur (Jatim) memutuskan mengusung KH Miftachul Ahyar dan KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) sebagai calon Rois Aam dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam Muktamar ke-34 NU di Lampung, Desember nanti.

“Dalam Muktamar 23-25 Desember 2021 mendatang, Jatim sudah mengambil keputusan secara organisatoris mendukung KH Miftachul Akhyar sebagai Rois Aam dan Gus Yahya sebagai Ketua Umum,” kata Ketua PCNU Jember, KH Abdullah Syamsul Arifin, dalam rilisnya, Kamis (4/11/2021).

Baca juga: Berharap Ibunya Selamat, Anak Korban Perahu Tenggelam di Bengawan Solo Lakukan Ritual

Keputusan tersebut sudah final dan telah melalui mekanisme organisasi. Yakni, diawali dengan musyawarah antar ketua cabang NU se Jatim, yang hasilnya kompak mendukung KH Miftachul Akhyar dan Gus Yahya. Hasil musyawarah antar ketua cabang ini lantas dilaporkan ke Rois Syuriah PWNU Jawa Timur KH Anwar Mansyur.

PWNU Jatim juga telah menggelar rapat gabungan antara Syuriah dan Tanfidziyah yang memutuskan mengusung Gus Yahya sebagai calon ketua umum dan KH Miftach sebagai Rois Aam.

Keputusan ini juga telah ditandatangani oleh Rois Syuriah PWNU KH Anwar Mansyur, Khatib KH Syafrudin Syarif, Ketua Tanfidziyah KH Marzuki Mustamar serta Sekretaris PWNU Akh Muzakki. “Ini keputusan resmi organisasi, bukan keputusan orang perorang tapi keputusan organisasi,” ujar KH Abdullah Syamsul Arifin.

Keputusan ini, kata dia, juga didukung 42 cabang NU se Jatim sebagai bentuk kesamaan keinginan. Sebab, Jatim ingin menjadi lokomotif perubahan karena NU lahir di Jatim. Keputusan ini, kata dia, sekaligus untuk memastikan bahwa sampai saat ini NU Jatim tetap solid mengusung Gus Yahya untuk memimpin PBNU.

“Jadi tidak benar jika saat ini masih ada di Jawa Timur ini yang keliling mengatasnamakan PWNU dan mencari dukungan bukan untuk Gus Yahya. NU Jatim sudah bulat ke Gus Yahya,” pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0999 seconds (0.1#10.140)