Lagi, Noormiliyani Memperoleh Dua Penghargaan Pelayanan KB

Rabu, 27 Oktober 2021 - 13:12 WIB
loading...
Lagi, Noormiliyani Memperoleh Dua Penghargaan Pelayanan KB
Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS kembali menyabet penghargaan di bidang pelayanan KB dari BKKBN Pusat.
A A A
BARITO KUALA - Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS kembali memperoleh penghargaan di bidang pelayanan KB dari BKKBN Pusat. Anugerah penghargaan yang diraih kali ini dua ketegori sekaligus, masing-masing juara tiga kabupaten/kota target pelayanan KB melebihi dari 1.500 akseptor dan juara tiga target pelayanan KB metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) kurang dari 150 akseptor.

Anugerah penghargaan kegiatan pelayanan KB sejuta akseptor dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 pada 2021 ini diserahkan melalui Kepala BKKBN Provinsi Kalsel H Ramlan di kediaman Bupati Batola, di Marabahan, Selasa (26/10/2021).

“Penghargaan yang diberikan ini merupakan prestasi luar biasa, mengingat capain yang diraih Batola melebihi dari target yang ditentukan,” ucap Ramlan.

Kepala BKKBN Kalsel ini menambahkan, tidak gampang untuk mendapatkan penghargaan semacam ini. Mengingat dari 524 kabupaten/kota se-Indonesia ternyat Kabupaten Barito Kuala meraih peringkat ketiga dengan dua kategori sekaligus. Ramlan menuturkan, penghargaan yang diberikan kepada Batola ini seyogyanya diserahkan pihak BKKBN RI Pusat. Namun karena situasi pandemi Covid-19 maka penyerahannya melalui Perwakilan BKKBN Provinsi masing-masing.

Untuk 2021 ini, papar Ramlan, hanya ada dua kabupaten/kota di Provinsi Kalsel yang mendapatkan penghargaan di bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) ini. Kedua kabupaten itu, lanjutnya, selain Batola juga terdapat Kabupaten Balangan yang berhasil meraih juara satu kategori total Capaian Pelayanan KB Tingkat Kabupaten/Kota dengan target total 500-1.500 akseptor.

Sedangkan Provinsi Kalsel berhasil meraih dua kategori masing-masing juara 2 capaian MKJP dengan target lebih 1.500 akseptor dan juara 3 kategori capaian pelayanan 10.000 – 60.000 akseptor.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS yang didampingi Kepala DPPKBP3A Hj Harliani mengaku senang dan bangga atas raihan prestasi di bidang KB ini. Sebagaimana yang diungkap saat menerima penghargaan tahun 2020, penghargaan kali ini, tutur Noormiliyani, merupakan prestasi masyarakat dan untuk seluruh masyarakat Barito Kuala.

“Semua ini atas kerjasama yang baik antara pemerintah, kader-kader KB, seluruh SKPD terkait, dan seluruh masyarakat Barito Kuala,” ucapnya.

Noormiliyani berharap, anugerah ini semakin menambah semangat masyarakat untuk menekan tingkat kelahiran dengan menjaga jarak lahir anak agar pembangunan keluarga bisa lebih terarah dan terencana. Bupati yang 10 tahun berpengalaman Ketua TP-PKK Batola ini berharap, penerapan KB supaya lebih digalakan kepada para kaum pria. Karena selain tingkat resiko lebih rendah dan lebih efektif juga lebih menguntungkan. Sementara terhadap perempuan cenderung banyak resiko akibat adanya batas usia ideal dan rentannya resiko serta tingkat kelalaian maupun kegagalan yang lebih tinggi. CM
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3317 seconds (0.1#10.140)