Aktivis Reformasi 98 Sebut Kapolda Banten Sosok Polisi Humanis

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:51 WIB
loading...
Aktivis Reformasi 98 Sebut Kapolda Banten Sosok Polisi Humanis
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho banyak mendapat apresiasi masyarakat. Foto/Ist
A A A
SERANG - Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho banyak mendapat apresiasi masyarakat. Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia 98 menilai sebagai hal yang wajar mengingat sepak terjang Irjen Rudy memperlihatkan karakter polisi humanis dalam melayani dan melindungi masyarakat.

Penghargaan baru-baru ini diberikan kepada Kapolda Banten dari Forum Wartawan Jakarta. Kapolda Banten tersebut disematkan predikat Polisi Tulus dan Humanis.

Wakil Sekjen Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (Jari 98), Donny Fraga Wijata menyatakan, polisi memiliki peran vital dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Peran polisi ke depan akan semakin penting seiring dengan menguatnya peran sipil dalam bernegara.


Dengan demikian maka perlu didorong polisi yang profesional sesuai tugas dan wewenangnya yaitu melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat. Sosok polisi demikian harus diberi tempat sehingga wajah kepolisian ke depan semakin baik dan sesuai harapan negara dan rakyat.

Donny menegaskan hal terpenting dari seorang polisi adalah bukan hanya pencitraan saja, melainkan praktik keseharian di lapangan. “Dalam era komunikasi seperti sekarang, pencitraan sah-sah saja. Namun pencitraan harus diiringi dengan implementasi yang nyata. Saya melihat Kapolda Banten Irjen Rudy sebagai sosok yang responsif dalam menuntaskan tugas-tugasnya,” tutur Wakil Sekjen Jari 98 tersebut, Selasa (27/10/2021).

Dia mengamati, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto memberi akses yang luas kepada wartawan untuk melakukan peliputan. Dengan cara tersebut, wartawan turut berperan menyebarkan berbagai informasi termasuk pelanggaran yang dilakukan oknum polisi.



“Polisi memiliki wewenang besar sekarang ini. Dan sebagaimana kita pahami, kewenangan besar memiliki kecendrungan untuk korup. Nah di sinilah perlunya pengawasan, termasuk oleh wartawan. Kapolda Banten Irjen Pol Rudy memiliki pemahaman yang sangat baik, tujuannya agar polisi benar-benar menjalankan tugas dan wewenangnya sesuai UU,” ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2394 seconds (0.1#10.140)