Meletus 2 Kali, Gunung Ili Lewotolok Semburkan Abu dan Asap Hitam

Selasa, 26 Oktober 2021 - 15:50 WIB
Meletus 2 Kali, Gunung Ili Lewotolok Semburkan Abu dan Asap Hitam
Gunung Ili Lewotolok di Lembata, NTT meletus dua kali dengan menyemburkan abu dan asap hitam setinggi 700 meter. Foto/iNewsTV/Joni Nura
A A A
LEMBATA - Gunung Ili Lewotolok di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali meletus. Hari ini meletus dua kali dengan menyemburkan abu dan asap hitam setinggi 700 meter.

"Letusan disertai gemuruh lemah," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Ili Lewotolok, Yeremias Kristianto Pugel, Selasa siang (26/10/2021). Dia menjelaskan, tingkat aktivitas gunug api Ili Lewotolok masih pada level III (Siaga).

Baca juga: Abu Vulkanik Letusan Gunung Ili Lewotolok Terus Mengguyur hingga 6 KM

Masyarakat maupun pengunjung, pendaki dan wisatawan direkomendasikan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak atau kawah.

Masyarakat Desa Jontona diminta agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk yang dapat disertai oleh awan panas dari bagian tenggara puncak atau kawah.



"Mengingat potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya maka masyarakat yang berada di sekitar agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit," pinta Yeremias.

Dia melanjutkan, mengingat abu vulkanik hingga saat ini jatuh di beberapa sektor di sekeliling gunung, maka masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai-sungai yang berhulu di Ile Lewotolok agar mewaspadai ancaman lahar terutama di saat musim hujan.

Baca juga: Tikaman Belati Ra Tanca pada Raja Majapahit Membuka Jalan Trah Kertanegara

Yeremias meminta seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di Pulau Lembata, tidak menyebarkan narasi bohong atau hoaks dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ili Lewotolok yang tidak jelas sumbernya.

Hinga saat ini aktivitas gunung terus meningkat warga yang berada di sekitar kaki gunung diminta selalu waspada.
(shf)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1401 seconds (10.55#12.26)