Wujudkan Pendidikan Layak bagi Anak, Pupuk Kaltim Terima Penghargaan dari Pemkot Bontang

Senin, 25 Oktober 2021 - 18:11 WIB
loading...
Wujudkan Pendidikan Layak bagi Anak, Pupuk Kaltim Terima Penghargaan dari Pemkot Bontang
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) terima penghargaan Perusahaan Sahabat Anak dari Pemerintah Kota Bontang. (Ist)
A A A
BONTANG - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) terima penghargaan Perusahaan Sahabat Anak dari Pemerintah Kota Bontang. Penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi Perusahaan yang berperan aktif membantu pemerintah menangani persoalan dan pemenuhan hak anak di Kota Bontang.

Penghargaan diterima oleh SVP Umum PKT Ardi Harto Mulyo, diserahkan oleh Wali Kota Bontang Basri Rase, bersama Wakil Wali Kota Bontang Najirah dan Ketua DPRD Andi Faizal Sofyan Hasdam, pada rangkaian HUT Kota Bontang ke-22 beberapa waktu lalu.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Pemkot Bontang, atas dukungan PKT terhadap capaian prestasi Kota Layak Anak predikat Nindya, yang diterima Bontang dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI.

Kontribusi tersebut dilihat dari peran PKT dalam memajukan pendidikan dan pengembangan kapasitas SDMmanusia di Kota Bontang, salah satunya melalui Program Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP). Program ini dinilai memberikan kesempatan luas bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu, untuk mendapatkan pendidikan yang lebih layak mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi.

“Terima kasih atas penghargaan Pemkot Bontang bagi PKT. Ini menjadi motivasi kami untuk terus berbuat bagi masyarakat, khususnya dalam mendukung pengembangan SDM melalui pendidikan yang layak bagi anak,” ujar SVP Umum PKT Ardi Harto Mulyo.

Dijelaskannya, beasiswa PKTPP sengaja menyasar pendidikan anak mulai tingkat SD, agar ada kesinambungan proses di setiap jenjang pendidikan anak, sehingga ke depan mampu berkontribusi bagi daerah dan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

Ardi memastikan PKT akan terus berkomitmen dan peduli dalam meningkatkan sektor pendidikan di Kota Bontang, karena anak berhak untuk mendapat kesempatan belajar yang lebih tinggi agar menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas.

“Beasiswa PKTPP merupakan wujud dukungan PKT terhadap visi misi Pemkot Bontang yang Hebat dan Beradab, khususnya pendidikan bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu, agar SDM lokal lebih berdaya saing,” tambah Ardi.

Wali Kota Bontang Basri Rase, mengatakan kontribusi PKT telah memberikan ruang dan peluang bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang, untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini dinilai Basri sejalan dengan upaya Pemkot Bontang untuk pendidikan yang lebih layak bagi anak guna peningkatan SDM secara merata. Baca: Cuaca Esktrem, Sekolah dan Puluhan Rumah di Teugalbuleud Terendam Banjir.

“Semoga komitmen program ini terus ditingkatkan dengan jumlah penerima yang jauh lebih banyak, sehingga SDM lokal makin meningkat dengan memastikan jaminan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” harap Basri.

Program PKTPP telah dilaksanakan PKT sejak 2008, dimulai dari beasiswa untuk tingkat perguruan tinggi. Penerima beasiswa diberikan keleluasaan dalam memilih jurusan yang diminati, dengan pembiayaan penuh dari PKT. Hingga kini, sebanyak 188 mahasiswa telah menerima manfaat dari beasiswa PKTPP, dengan jumlah mahasiswa aktif 62 orang, selebihnya telah lulus dan bekerja. Baca Juga: Ruang Kelas Kebanjiran, Ujian di SD 140 Pekanbaru Tetap Dilaksanakan.

Lalu pada 2016, program PKTPP membuka beasiswa sekolah di YPK untuk tingkat SD hingga SMA, dengan total penerima manfaat sebanyak 126 anak se-Kota Bontang. Untuk program ini, PKT menggelontorkan anggaran hingga Rp22 Miliar, terbagi dari tingkat Perguruan Tinggi, serta SD, SMP dan SMA.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)